Revaldo Direhabilitasi, meski Sudah 3 Kali Ditangkap dalam Kasus Narkoba

Artis peran Revaldo Fifaldi mengenakan rompi berwarna oranye usai ditetapkan sebagai tersangka kasus penyalahgunaan narkoba, Jumat (13/1/2023). | Ist

FORUM KEADILAN – Aktor Revaldo Fufaldi akan direhabilitasi di Lido, Sukabumi, Jawa Barat, meski sudah tiga kali ditangkap terkait kasus narkoba.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan Trunoyudo menjelaskan, Revaldo direhabilitasi karena saat penangkapan pertama dan kedua, Revaldo dijatuhi sanksi pidana tanpa rehabilitasi.

Bacaan Lainnya

“Terhadap (penangkapan) kedua, sebelum dilakukannya penangkapan ini, belum pernah dilakukan rehab,” ungkap Trunoyudo di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Sabtu, 14/1/2023.

Keputusan rehabilitasi, kata dia, bukan otoritas dari penyidik saja. Hal itu berdasarkan hasil asesmen dari Tim Asesmen Terpadu (TAT) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta.

“Setelah dipelajari, baik itu dari psikiater, psikolog, unsur dokter, ini memiliki satu hak untuk diberikannya rehabilitasi,” kata Trunoyudo.

Trunoyudo menegaskan, proses pidana terhadap tersangka penyalahgunaan narkoba tersebut tetap berjalan. Oleh karena itu, proses rehabilitasi yang akan dijalani Revaldo tidak menghapus sanksi pidana yang akan dijatuhkan terhadapnya.

Dia menegaskan agar tidak disalahtafsirkan seolah-olah rehab ini menghapuskan (pidana).

“Proses jalan terus, kan kemarin saya sampaikan ini proses tetap jalan dan kemudian hak untuk pemberian kesehatannya, maupun psikisnya ini harus direhab,” tegasnya.

Untuk ketiga kalinya, aktor Revaldo kembali ditangkap atas penyalahgunaan narkoba. Dia ditangkap di kediamananya pada Rabu, 11/1/2023 malam.

Dari data, penangkapan Revaldo terkait narkoba ini adalah kali ketiga. Revaldo pertama kali tertangkap pada April 2006. Saat itu Revaldo digerebek polisi dan ketahuan memiliki satu paket sabu beserta alat isap.

Saat itu Revaldo divonis penjara 2 tahun dan denda Rp1 juta subsider 1 bulan kurungan

Kedua, Revaldo ditangkap lagi terkait narkoba pada Juli 2010 dengan barang bukti 62 gram sabu-sabu dan satu paket ganja kering. Revaldo juga dalam penangkapan kedua ini divonis 7 tahun penjara.

Dan tahun 2023, Revaldo ditangkap polisi lagi terkait narkoba.*