Menko Marves Luhut Nyatakan Pensiun pada 2024

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. | Ist

FORUM KEADILAN – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pensiun pada 2014.

“Waktu saya 2024 selesai, saya pensiun, enggak mau lagi saya macam-macam,” kata Luhut saat menghadiri Ibadah Syukur Awal Tahun seperti dikutip dari YouTube Huria Kristen Batak Protestan, Jumat, 13/1/2023.

Bacaan Lainnya

Setelah kekuasaan Presiden Joko Widodo berakhir pada 2024, kata Luhut, dia akan meletakkan jabatannya di struktur pemerintahan.

Luhut mengatakan, dia kini tak lagi muda. Kondisi kesehatan purnawirawan jenderal TNI itu juga sudah menurun.

“Tadi saya baru bisikin istri saya sampai terperangah dia, saya ada penyakit sana penyakit sini, banyak,” ujar Luhut.

Menurut Luhut, kekuasaan tak bertahan selamanya. Setinggi apa pun pangkat seseorang, jabatan pasti ada akhirnya.

Oleh karena itu, politisi Partai Golkar itu mengatakan, semua orang harus menjadi teladan sebelum waktu yang diberikan Tuhan berakhir.

“Karena saya tahu yang di bawah langit ini semua ada waktunya. Tidak boleh kita memaksakan diri kita melawan itu. Tidak ada yang abadi, yang abadi itu adalah Tuhan,” kata Luhut.

“Keteladanan itu adalah kunci dan kita sebagai pejabat jangan merasa kita selamanya jadi pejabat. It’s a matter of time, semua waktumu ada,” tuturnya.

Sebelumnya, Luhut pernah menyampaikan dirinya tidak ingin jadi presiden atau wakil presiden meski sadar bahwa dia populer.

Hal ini Luhut sampaikan saat berbicara dalam acara peluncuran dan bincang buku biografi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Jumat, 7/10/2022.

“Katanya saya populer. Tapi untung saya tidak ingin jadi presiden atau calon wakil presiden. Jadi saya boleh ngomong bebas,” ujarnya disembari tersenyum dan disambut tawa para tamu yang hadir.

Luhut tidak menjelaskan alasannya tidak ingin menjadi presiden atau wakil presiden RI. Namun, ia mengaku bukan orang hebat.

Pernyataan serupa pernah Luhut sampaikan sebelumnya, misalnya ketika menanggapi adanya relawan Luhut for Presiden RI 2024 yang dideklarasikan di Kota Medan, Sumatera Utara, pada Kamis, 28/10/2021.

Saat itu, lewat juru bicaranya, Luhut menyatakan tidak akan mencalonkan diri menjadi RI-1.*