20 Tewas Dalam Bom Bunuh Diri ISIS di Kemenlu Afghanistan

Bom ISIS
Serangan bom bunuh diri ISIS-K di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Afghanistan.| ist

FORUM KEADILAN – Sebanyak 20 orang tewas dalam insiden bom bunuh diri pada Rabu, 11/1/2023, di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Afghanistan. Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS cabang Afghanistan, ISIS-K, mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri tersebut.

Melansir The Independent, Kamis, 12/1/2023, ISIS-K mengklaim, anggotanya yang bernama Kheiber al-Qandahari meledakkan rompi berisi bahan peledak di luar Kemlu Afghanistan saat pegawai dan penjaga melewati gerbang.

Bacaan Lainnya

Wakil Menteri (Wamen) Informasi dan Kebudayaan Afghanistan, Muhajer Farahi, menyampaikan bahwa ledakan terjadi saat delegasi Cina dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat di Kantor Kementerian Luar Negeri Afghanistan.

“Seharusnya ada delegasi Cina di Kementerian Luar Negeri hari ini, tapi kami tidak tahu apakah mereka hadir pada saat ledakan,” kata Farahi.

Sementara, seorang pejabat di Kementerian Informasi dan Kebudayaan Afghanistan Ustad Fareedun menuturkan, pelaku bom bunuh diri berencana masuk ke dalam kantor untuk melakukan serangan namun gagal.

Sejauh ini, Taliban belum merilis pernyataan mengenai klaim ISIS yang mengaku berada di balik serangan mematikan kedua di Afghanistan dalam sebulan terakhir tersebut.

Sejumlah pejabat kesehatan Afghanistan mengungkapkan, lebih dari 40 orang terluka dibawa ke pusat bedah di Kabul usai insiden serangan itu.

Sebelumnya, pada 1/1/2023 lalu, ISIS-K telah melancarkan pengeboman di dekat pos pemeriksaan di bandara militer yang terletak di Kabul, menewaskan dan melukai beberapa orang.

ISIS-K mengatakan, serangan di pos pemeriksaan dilakukan oleh orang yang sama yang ikut dalam serangan di sebuah hotel di Kabul pada Desember 2022.*

 

 

banner 468x60