Stok Vaksin Rabies untuk Manusia di Sejumlah Faskes Kosong Sejak 3 Bulan Lalu

Vaksin rabies
Ilustrasi vaksin rabies. | ist

FORUM KEADILAN – Ketersediaan vaksin rabies untuk manusia di sejumlah fasilitas kesehatan di Jakarta dan beberapa daerah, kosong. Kekosongan vaksin rabies tersebut terjadi 3-4 bulan belakangan.

Penelusuran FORUM KEADILAN pada Kamis, 5/1/2023, setidaknya ada tiga fasilitas kesehatan di Jakarta yang kehabisan stok vaksin rabies.

Bacaan Lainnya

Ketiganya yakni Mayapada Clinic di Jakarta Selatan, Medi-Call di Jakarta Selatan, dan layanan vaksinasi ke rumah Imuni. Di tiga layanan tersebut, terkonfirmasi bahwa stok vaksin rabies kosong lantaran tak ada suplai dari produsen dan distributor.

“Untuk vaksin rabies kami menyediakan, namun kami mohon maaf untuk saat ini ketersediaan stoknya belum available kembali,” ungkap Customer Service Medi-Call lewat pesan WhatsApp.

“Sudah dari 3-4 bulan yang lalu. Dari produsennya kosong,” jelasnya.

Untuk di Mayapada Clinic Jakarta dan Imuni belum dapat memastikan kapan vaksin rabies akan tersedia kembali.

Sedangkan, di Medi-Call, vaksin rabies disebut akan tersedia kembali di minggu ke-empat bulan Januari 2023 ini.

“Untuk konfirmasi dokter kami, estimasi tersedia pada minggu ke-4 di bulan Januari ini, namun sedang dikonfirmasi kembali dengan pihak distributor,” jelas pihak Medi-Call.

Kendati demikian, tak semua fasilitas kesehatan kehabisan stok vaksin rabies. Penulusuran FORUM, ada faskes yang masih memiliki stok, di antaranya yakni Rumah Sakit Sulianti Saroso dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan.

“Saat ini tersedia,” ungkap Customer Service RSUD Tarakan lewat pesan WhatsApp.

“Untuk ketersedian juga di RS Sulianti Saroso, untuk informasi silakan menghubungi langsung ke RS tersebut,” tambahnya.

Pihak RSPI Sulianti Saroso menjelaskan bahwa vaksin rabies selalu tersedia di sana, lantaran di sana merupakan rumah sakit khusus penyakit infeksi.

Adapun vaksin rabies yang tersedia di RSUD Tarakan dan RSPI Sulianti Saroso berjenis RABIVA-X.

Sebelumnya, AS, seorang warga Bandung, Jawa Barat, mengeluhkan sulitnya mencari vaksin rabies untuk manusia.

AS menjelaskan, dirinya telah pontang-panting mencari vaksin rabies di sejumlah fasilitas kesehatan di beberapa daerah. Namun, vaksin tak tersedia.

“Iya, sedang cari vaksin buat anak saya karena anak saya pernah pegang kelelawar liar di sekolah,” ungkap AS via telepon, Kamis, 5/1/2023.

Beberapa fasilitas kesehatan yang didatangi AS di antaranya yakni Biofarma Bandung, Rumah Sakit Siloam Jakarta, Rumah Sakit Siloam Bali, Rumah Sakit Colombia Medan dan beberapa layanan vaksinasi lainnya.

“Semua sama, infonya (vaksin rabies) sudah habis dari 3 bulan yang lalu,” jelas AS. *

Laporan Puspita Candra Dewi