Menkes Anjurkan Warga Tetap Pakai Masker

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. | Biro Pers Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tetap menganjurkan masyarakat untuk mengenakan tetap masker apabila berada di ruangan tertutup maupun di tengah kerumunan. Namun, karena PPKM sudah dicabut, ia mengembalikan keputusannya kepada masyarakat.

Budi mengatakan setelah PPKM dicabut, pemakaian masker sudah bukan menjadi kewajiban bagi masyarakat. Misalnya, merasa sedang dalam kondisi sehat di ruang terbuka, Budi juga mempersilakan masyarakat untuk tidak mengenakan masker.

Bacaan Lainnya

“Itu tadi strategi dari pandemi ke endemi, itu intervensi dari pemerintah dikurangi tapi ada partisipasi masyarakat ditingkatkan,” kata Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 2/1/2022.

Sehingga, usai PPKM dicabut, pemerintah menginginkan agar masyarakat memiliki kesadaran diri untuk menjaga kesehatannya. Cara seperti ini dilakukan pemerintah secara perlahan supaya masyarakat bisa menjalani masa transisi dari pandemi ke endemi.

Ia mencontohkan ketika dirinya menjalani rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Budi bersama tamu undangan lainnya memilih mengenakan masker karena berada dalam ruangan tertutup.

Sementara setelah selesai, Budi melepaskan masker karena berada di ruang terbuka.

“Tapi kalau tadi saat rapat terbatas dan ada bapak presiden kan kita harus ada presiden kita pakai,” ucapnya.

Jokowi tak Pakai Masker

Sebelumnya, Presiden Jokowi nampak lebih santai berinteraksi dengan pedagang tanpa mengenakan masker di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin, 2/1/2023.

Jokowi tiba di Blok A Pasar Tanah Abang sekitar pukul 9.27 WIB. Jokowi yang mengenakan kemeja putih terlihat datang didampingi oleh Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Sejak tiba di lantai LGS Blok A, Jokowi terlihat tidak mengenakan masker. Ia juga berinteraksi dengan para pedagang tanpa masker yang dikenakannya.

Hal serupa juga ia lakukan ketika meninjau Pasar Cigombong, Bogor, Jawa Barat pada 23 Desember 2022. Di sana, Kepala Negara tidak lagi mengenakan masker saat berbincang dengan para pedagang.

Apa yang ia lakukan berbeda dengan imbauannya saat mengumumkan PPKM dicabut pada Jumat, 30/12/2022. Meski PPKM dicabut, ia menekankan bahwa pandemi Covid-19 belum selesai.

Sehingga Jokowi meminta kepada masyarakat untuk tetap mengenakan masker baik di dalam maupun luar ruangan.

“Pemakaian masker di keramaian dan ruang tertutup harus tetap dilanjutkan,” tuturnya.*