Mantan Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia dalam Usia 95

Mantan Paus Benediktus XVI Meninggal Dunia, Sabtu, 31/12/2022. | Ist

FORUM KEADILAN – Mantan Paus Benediktus XVI meninggal dunia di usia 95 tahun, Sabtu, 31/12/2022. Paus Benediktus meninggal di kediamannya setelah kesehatannya dikabarkan terus memburuk belakangan ini.

Vatikan sempat menyebut Paus Benediktus XVI dalam kondisi “stabil” dan bisa beristirahat dengan baik. Vatikan mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Dengan rasa duka, kami memberi tahu Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan”.

Bacaan Lainnya

Mantan Paus Benediktus meninggal dunia setelah hampir satu dekade dia mengundurkan diri karena sakit.

Dia memimpin Gereja Katolik Roma selama kurang dari delapan tahun hingga pada 2013. Dia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregorius XII pada 1415.

Benediktus yang lahir pada 16 April 1927 silam di Marktl am Inn di Bavaria, berusia 78 tahun ketika menggantikan Yohanes Paulus II sebagai Paus pada April 2005. Dia menjadi Paus pertama dari Jerman untuk era modern.

Benediktus menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di biara Mater Ecclesiae di dalam tembok Vatikan.

Penggantinya, Paus Fransiskus, mengatakan Paus Benediktus sering mengunjunginya di sana.

Meskipun Paus Benediktus telah sakit selama beberapa waktu, Tahta Suci mengatakan kondisinya semakin memburuk karena usia lanjut.

Pada Rabu, 28/12/2022, Paus Fransiskus mengimbau jemaat dalam pertemuan umum Vatikan untuk melakukan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus.

Dalam kesempatan itu, Pus Fransiskus menyampaikan bahwa Paus Benediktus sedang sakit parah.

Benediktus berusia 78 tahun ketika pada tahun 2005 dia menjadi salah satu paus tertua yang pernah terpilih.

Benediktus yang berasal dari Jerman dan memiliki nama lahir Joseph Razinger ini menjalani kehidupan yang tenang di kediamannya, Biara Mater Ecclesiae, yang ada di kompleks Vatikan setelah secara mengejutkan mengumumkan pengunduran diri pada Februari 2013 lalu.

Meninggalnya Benediktus, di sisi lain, mengakhiri situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana dua ‘pria berjubah putih’ — Benediktus dan Fransiskus — hidup berdampingan di kompleks Vatikan.

Sementara tidak ada panduan untuk mantan Paus, pemakaman Benediktus diperkirakan akan digelar di Vatikan dan dipimpin oleh Paus Fransiskus sendiri.

Tahun 2005 lalu, jenazah Yohanes Paulus II — Paus terakhir yang meninggal — disemayamkan sebelum misa pemakaman digelar di Alun-alun St Peter dan dihadiri satu juta orang, termasuk para kepala negara.*

*

 

banner 468x60