Buron Narkoba Dibekuk di Kampung Ambon

Dittipid Narkoba Bareskrim Polri membekuk buronan kasus narkotika, Simon Tupessy di Kampung Ambon, Jakarta Barat. | Dok Polri

FORUM KEADILAN – Direktorat Tindak Pidana Narkoba (Dittipid Narkoba) Bareskrim Polri membekuk buron kasus narkoba di Kampung Ambon, Jakarta Barat (Jakbar) bernama Simon Tupessy (ST). Proses penangkapan diwarnai perlawanan oknum warga sekitar.

Dirtipid Narkoba Brigadir Jenderal (Brigjen) Krisno Halomoan Siregar mengatakan saat petugas akan membawa Simon keluar dari Kampung Ambon, oknum warga melakukan provokasi untuk melawan petugas dengan cara memukul kentongan.

Bacaan Lainnya

“Pasca penangkapan, pada saat proses tersangka akan dibawa keluar dari Kampung Ambon, kembali ada provokasi masyarakat dengan memukul kentong,” kata Krisno dalam keterangannya, Kamis, 29/12/2022.

Krisno mengatakan saat itu sejumlah orang sempat mengerumuni petugas yang ada di lokasi. Namun, aksi tersebut dapat disetop usai mendapat bantuan dari Subdit Jatanras Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Barat.

Selanjutnya, tersangka dan barang bukti dibawa ke Bareskrim Polri.

“Sehingga tim dikerumunin massa di rumah pos pengamanan. Kemudian tim mendapat back up dari Subdit Jatanras PMJ dan Polres Jakbar berhasil mengevakuasi tersangka dari TKP kedua untuk dibawa ke kantor Bareskrim Polri,” jelasnya.

Brigjen Krisno mengatakan Simon Tupessi telah dimasukkan ke dalam DPO sejak bulan November 2022. Awalnya petugas akan menangkap Simon melalui metode pembelian terselubung (undercover buying) pada Rabu (2/11) di Jalan Intan Kampung Ambon.

Saat akan ditangkap, Simon melarikan diri, tapi barang bukti narkotika 6 klip sabu seberat 280 gram diamankan petugas. Simon sempat memprovokasi warga sekitar untuk melawan petugas yang mencoba menangkapnya.

“Ketika tim akan melakukan penangkapan, orang tersebut berhasil melarikan diri dengan melakukan memprovokasi masa di sekitar TKP untuk menyerang petugas,” kata Krisno.

Setelah itu, Dittipid Narkoba Bareskrim Polri menetapkan Simon ke dalam DPO untuk dicari dan ditangkap. Pada Rabu, 28/12/2022, Bareskrim menerima informasi keberadaan Simon di Jalan Kecubung Kampung Ambon, Jakbar.

Saat itu Bareskrim Polri dibantu Polres Metro Jakarta Barat bergegas ke lokasi dan menangkap Simon dengan dibantu anggota Polda Metro Jaya dan Polres Jakbar.*