6 Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru 2023 di Jakarta, Pilih Mana?

TMII menjadi salah satu pusat kegiatan perayaan malam tahun baru 2023.| ist
TMII menjadi salah satu pusat kegiatan perayaan malam tahun baru 2023.| ist

FORUM KEADILAN – Perayaan malam tahun baru 2023 di DKI Jakarta terbagi di sejumlah titik. Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar sejumlah acara meriah, setelah dua tahun lebih perayaan dibatasi karena pandemi Covid-19.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, ada beberapa tempat di DKI Jakarta, baik destinasi wisata maupun titik kumpul lainnya, yang digelar acara khusus dalam rangka memeriahkan tahun baru 2023.

Bacaan Lainnya

Berikut beberapa lokasi perayaan malam tahun baru 2023 di DKI Jakarta yang bisa menjadi alternatif pilihan pembaca.

6 lokasi perayaan malam tahun baru 2023 di Jakarta:

1. Ancol

Bagi masyarakat yang ingin menikmati malam tahun baru dengan suasana pantai, bisa berkunjung ke Ancol, di Jakarta Utara.

Corporate Communication Ancol Ariyadi Eko Nugroho mengatakan, pihaknya berencana akan menggelar perayaan khusus pada malam Tahun Baru 2023.

“Rencananya begitu. Kalau pas tanggal 31 Desember, nanti akan ada live music juga,” kata Eko, dikutip dari Tribun Jakarta.

Pada Sabtu, 31/12/2022, unit rekreasi ditutup pukul 15.00 WIB karena area Ancol akan disiapkan untuk perayaan tahun baru 2023.

Adapun malam pergantian tahun hanya diselenggarakan di area taman dan pantai.

“Kemudian Ancol akan beroperasi hingga pukul 24.00 WIB pada saat momen akhir tahun nanti,” imbuhnya.

2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Untuk memeriahkan malam Tahun Baru 2023, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (PT TWC) berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menyelenggarakan Event Tahun Baru 2023 di ibu kota yang terpusat di TMII.

“Event tahun baru 2023 menghadirkan grup band indie, Kesenian Rakyat, dan Parade Budaya Nusantara di beberapa titik lokasi,” ujar Direktur Utama PT TWC Edy Setijono.

Lebih lanjut, kata dia, beberapa lokasi tersebut di antaranya Plaza Keong Emas, Plaza Gajah Mada, Plaza Utara dan Selatan Gedung Pengelola, serta Acara Puncak di Danau Archipelago.

Khusus pada malam pergantian tahun baru, Sabtu, 31/12/2022, jam operasional TMII akan dibuka lebih panjang hingga pukul 24.00 WIB.

3. Sudirman-Thamrin

Pada malam pergantian tahun baru 2023, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar panggung festival di sejumlah titik di kawasan Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

“Dalam acara Festival Malam Tahun Baru 2023 akan diterapkan car free night dan terdapat panggung pada tujuh titik lokasi,” kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Tujuh lokasi panggung yang akan didirikan saat Festival Malam Tahun Baru 2022 adalah panggung 1 di area Sarinah, panggung 2 di area Bundaran Hotel Indonesia (HI), serta panggung 3 di area Dukuh Atas Panggung.

Lalu panggung 4 di area Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sudirman, panggung 5 di area Bendungan Hilir, panggung 6 di area Sudirman Central Business District (SCBD), dan panggung 7 di area SCBD.

4. Kantor Wali Kota Jakarta Barat dan kantor Wali Kota Jakarta Utara

Warga Jakarta Barat dan Jakarta Utara yang ingin merayakan malam tahun baru 2023 tidak perlu bingung, karena bisa menikmati sejumlah acara di halaman kantor wali kota terdekat.

Beberapa wilayah ibu kota yang menggelar perayaan malam tahun baru di halaman kantor wali kota adalah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, seperti disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata.

Kantor wali kota Jakarta Barat, misalnya, akan menggelar pentas pertunjukan budaya daerah dan kegiatan bazar.

“Di kantor wali kota (Jakarta Barat) rencananya ada kegiatan pentas lenong dan diikuti kegiatan bazar bazar dari UMKM,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce, dikutip dari laman Pemerintah Administrasi Jakarta Barat.

Selain itu, diperkirakan ada empat titik keramaian Jakarta Barat saat perayaan malam tahun baru. Empat titiknya yaitu kawasan Daan Mogot, kantor wali kota Jakbar, kawasan Kota Tua, dan CNI Kembangan.

5. Old Shanghai

Old Shanghai merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Jalan Sedayu Boulevard Raya Nomor 1, Kelapa Gading, Jakarta.

Tempat ini merupakan pilihan tepat untuk berfoto-foto dengan landmark ala kampung China yang ikonik, mencicipi aneka kuliner, hingga rekreasi belanja.

Menyambut tahun baru 2023, terdapat rangkaian acara “Magical Shanghai” yang bisa dinikmati pengunjung saat pergantian tahun, seperti dikutip dari Instagram @oldshanghai.id.

Pada Sabtu (31/12/2022) hingga Minggu (1/1/2023), akan ada acara Meet and Greet Mascot, Acrobatic, Dog Show, Live Music & Games, serta Illusionist.

6. Setu Babakan

Masyarakat yang ingin menikmati pertunjukan budaya khususnya Betawi pada malam tahun baru bisa mengunjungi Perkampungan Budaya Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Para pengunjung akan diajak untuk lebih mengetahui dan mengenal lebih dekat mengenai budaya Betawi, sejarah, dan perkembangannya dari berbagai peninggalan yang ada.

Meskipun, sejauh ini belum ada informasi detail mengenai agenda kegiatan malam tahun baru 2023 di Setu Babakan. Namun, jika dilihat dari sebelum pandemi, tepatnya 2018, ada berbagai pertunjukan menarik yang digelar di sana.

Dikutip dari Antara, kesenian khas Betawi yang ditampilkan saat malam tahun baru di Setu Babakan di antaranya adalah Gabang Kromong, pameran adibusana, dan pertunjukan musik band.*

banner 468x60