Gereja Katedral Jakarta Gelar 3 Kali Misa Natal, 153 Personel Gabungan Disiagakan

Gereja Katedral Jakarta. | Ist
Gereja Katedral Jakarta. | Ist

FORUM KEADILANGereja Katedral, Jakarta Pusat (Jakpus) akan melaksanakan Misa Natal hari ini dalam tiga sesi. Setiap sesinya memiliki kapasitas maksimal 2.500 jemaat.

“Kita sudah koordinasi total keseluruhan jemaat yang bisa ditampung kapasitasnya baik itu di dalam gereja ataupun di tenda, 2.500 per satu sesi misa. Hari ini ada 3 sesi misa, yaitu 16.30 WIB misa pertama, kemudian 19.00 WIB malam, dan yang terakhir adalah pukul 21.30 WIB,” kata Kapolsek Sawah Besar AKP Patar Mula Bona kepada wartawan di depan Gereja Katedral, Jakpus, Sabtu, 24/12/2022.

Bacaan Lainnya

Total 153 personel gabungan disiapkan untuk pengamanan. “Jumlah keseluruhan personel gabungan 153 personel terdiri dari Polri, Polsek, Polres, maupun BKO dari Polda, Brimob dengan Sabhara,” kata Bona.

Bona menuturkan untuk teknis pengamanan hari ini, semua jemaat yang datang ke Gereja Katedral hanya bisa melalui satu pintu. Nantinya personel gabungan akan melakukan pemeriksaan barang bawaan setiap jemaat yang masuk.

“Untuk teknis pengamanannya kita sudah berkoordinasi dengan sekuriti internal mereka semua jemaat akan masuk melalui pintu 2, jadi hanya kita pergunakan 1 pintu,” kata Bona.

“Di situ nanti kita akan tempatkan seluruh personel baik TNI, Polri, Satpol PP dan juga sekuriti internal yang akan mengecek setiap orang ataupun benda yang masuk,” lanjutnya.

Bona mengatakan ada tiga pintu keluar jemaat yang disediakan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan di dalam lingkungan gereja.

“Yang misa pertama kita keluarkan melalui pintu 3 pintu 5 dan pintu 6 agar tidak terjadi tubrukan dalam gereja,” sebut dia.

Bona mengatakan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pihak intelijen untuk mengantisipasi adanya teror. Selain itu, sejumlah pos keamanan baik di dalam ataupun di luar Gereja Katedral juga disiapkan dengan anggota yang bersiaga selama 24 jam.

“Untuk teknis dan SOP-nya kita sudah atur bahwa pos pengamanan kita ada kita 3 shift dan harus standby selama 24 jam tidak boleh ada yang lengah dan tetap mengawasi aktivitas yang ada di dalam gereja maupun sekitarannya,” ujarnya.

Sebanyak 153 personel gabungan disiapkan untuk pengamanan misa natal di Gereja Katedral hari ini.

“Jumlah keseluruhan personel gabungan 153 personel terdiri dari Polri, Polsek, Polres, maupun BKO dari Polda, Brimob dengan Sabhara,” kata Bona.

“Kemudian dari TNI ada 40 personel, kemudian dari Satpol PP ada 10 personel beserta ada Dishub, Damkar, dari Puskesmas juga kami libatkan sebagai tenaga kesehatan dokkes, kemudian ada K9,” tambahnya.

Bona menuturkan tim pengamanan telah siaga sejak tujuh hari lalu. Koordinasi juga telah dilakukan dengan sejumlah gereja di wilayah Sawah Besar, Jakpus.

“Bahwa TNI dan Polri saat ini sudah mempersiapkan pasukan pengamanan beserta instansi lainnya, dari h-7 kita sudah stand by,” kata dia.*