Kabar Duka, Mak Nyak si Doel Aminah Cendrakasih Meninggal Dunia

Aminah
Aminah Cendrakasih .| ist

FORUM KEADILAN – Berita duka cita kembali datang dari dunia film dan sinetron Tanah Air. Aminah Cendrakasih yang dikenal dengan perannya sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, berpulang pada hari ini, Rabu, 21/12/2022.

Kabar Aminah Cendrakasih mengembuskan napas terakhirnya, disampaikan oleh Rubby Karno, sineas yang juga kakak dari Rano Karno, pemeran Si Doel di sinetron legendaris tersebut.

Rubby Karno mengumumkannya melalui akun Facebook pribadi miliknya bersama foto dirinya berpose dengan Aminah Cendrakasih yang sedang tergeletak di atas tempat tidurnya.

“Innalilahi wa inna ilaihi rojiun… Telah berpulang Maknyak Aminah Tjendrakasih pada hari Rabu tanggal 21 Desember 2022 jam 19.30,” tulis Rubby Karno membuka kabar duka.

Rubby Karno juga menginformasikan lokasi disemayamkannya jenazah almarhumah Aminah Cendrakasih.

“Almarhum disemayamkan di Jl. Japos Raya no. 45 Jurang Mangu Barat. Semoga amal dan ibadahnya diterima Allah. Aamiin,” sambung Rubby.

Sebelum meninggal dunia, aktris senior Aminah Cendrakasih sudah beberapa tahun ini terbaring sakit di atas tempat tidur karena menderita lumpuh dan glaukoma.

Akibat glukoma dan lumpuh Aminah Cendrakasih kehilangan penglihatan dan tidak bisa beraktivitas. Selama kondisinya itu, sudah tak terhitung berapa banyak artis-artis yang sudah menjenguknya.

Lahir pada 29 Januari 1938, Aminah Cendrakasih merupakan salah satu nama besar di dunia perfilman Indonesia di era 50-an. Tak kurang dari 101 judul film telah ia bintangi sejak 1955 sampai 1989.

Berkat pengabdiannya itu pula, Aminah Cendrakasih mendapat penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992.

Nama Aminah Cendrakasih kian meroket saat ia bermain sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang diproduseri dan dibintangi Rano Karno.

Dalam sinetron tersebut, Aminah berperan sebagai ibunda Doel, yang dikenal dengan sebutan Mak Nyak. Nama tersebut begitu melekat dalam dirinya bahkan sampai sekarang.

Meski tergolek lemah akibat penyakit glaukoma, Aminah Cendrakasih tetap terlihat semangat terlibat dalam film Si Doel The Movie yang tayang pada 2018.*