Pindad Enjiniring Indonesia Siap Sediakan Alutsista dan Kebutuhan Polri Lainnya

Penandatanganan MoU oleh Ketua Inkoppol Irjen Pol (Pur) Yudi Suharyanto SH dan Dirut Pindad Enjiniring Indonesia Kolonel Budhiarto disaksikan Direktur Kemitraan Inkoppol Budi Satryo, Kepala Divisi Bisnis Development Inkoppol Irjend. Pol (Pur) Jhoni Samosir dan jajaran pejabat tinggi Inkoppol. (IST)

FORUM KEADILAN – Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Inkoppol) Divisi Bisnis Development dengan Pindad Enjiniring Indonesia sepakat bekerjasama untuk penyediaan alat-alat alutsista dan usaha-usaha lainnya.

“Inkoppol Divisi Bisnis Development akan bekerjasama dengan Pindad Enjiniring Indonesia, misalnya dalam penyediaan alat-alat alutsista maupun usaha-usaha lainnya,“ kata Ketua Inkoppol Irjen Pol. (Pur) Yudi Suharyanto SH seusai acara penandatangan MoU Inkoppol Divisi Bisnis Development dengan Pindad Enjiniring Indonesia di Gedung Inkoppol, Jakarta Pusat, Kamis, 1/12/2022.

Bacaan Lainnya

“Inkoppol itu bagian dari polisi. Nah, Pindad Enjiniring Indonesia itu industri dalam negeri yang alutsistanya dipakai untuk aparat juga,“ kata Ketua Inkoppol Irjen Pol. (Pur) Yudi Suharyanto SH seusai acara penandatangan MoU Inkoppol Divisi Bisnis Development dengan Pindad Enjiniring Indonesia di Gedung Inkoppol Jl. Tambak II No.9, Jakarta Pusat, Kamis, 1/12/2022.

Inkoppol Divisi Bisnis Development, kata Yudi, memang baru kali ini akan melakukan kerjasama dengan Pindad Enjiniring Indonesia sekarang. “Karena kita baru bertemunya sekarang,“ tegasnya

Inkoppol, kata dia, adalah Koperasi Sekunder Tingkat Nasional yang bergerak di bidang perdagangan dan pengembangan, yang sekian lama berdiri tentu punya banyak networking dengan berbagai pihak.

Sedangkan, PT Pindad adalah anak usaha Len Industri yang bergerak di bidang produksi peralatan pertahanan.

Yudi berharap kerjasama Inkoppol Divisi Bisnis Development dengan Pindad Enjiniring Indonesia untuk lebih dapat mengangkat koperasinya. “Koperasi itu untuk kesejahteraan anggotanya. Kalau koperasi dapat dibina akan kuat. Koperasi bukan untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya, tapi untuk mengusahakan kesejahteraan anggotanya,“ tandasnya.

Di pihak lain, Dirut Pindad Enjiniring Indonesia Kolonel Pur. Budhiarto menyampaikan rasa terima kasih pihaknya bisa bekerjasama dengan Inkoppol Divisi Bisnis Development. “Ini merupakan suatu oportunity buat PT Pindad Enjiniring. Kami dari anak perusahaan dari Pindad Persero,” kata dia.

Perusahaan ini memang tidak hanya bergerak di alutsista, tetapi secara bisnis banyak yang bisa kita kerjakan untuk trading, jasa angkut, dan kebutuhan-kebutuhan baik di bidang kesehatan maupun di bidang-bidang lainnya.

“Kami melihat  Inkoppol Divisi Bisnis Development mempunyai network yang cukup luas dan cukup banyak bidang bisnisnya. Inilah yang menjadikan kesempatan bagi kami menjalin hubungan Inkoppol Divisi Bisnis Development dengan Pindad Enjiniring Indonesia yang sama-sama menguntungkan, “ ujarnya.

Saat ini, lanjut Budhiarto, kerjasama antara Inkoppol Divisi Bisnis Development dan Pindad Enjiniring Indonesia akan diawali dengan bisnis yang arah kaitannya dengan kemasyarakatan. Pindad memproduksi alat-alat kesehatan seperti ventilator, kemudian alat-alat kesehatan lainnya, seperti tempat tidur elektrik.

“Banyak juga yang memang saat ini akan kami kerjasamakan, dimana Inkoppol Divisi Bisnis Development punya networking sampai keluar negeri ke Malaysia. Kami sudah dikunjungi perusahaan swasta Malaysia yang dibawa Inkoppol dimana kita bisa senergikan, seperti mengadaan parasut, rompi anti peluru, dan lain-lain, “ bebernya.

“Kami juga tidak menutup kemungkinan kerjasama di bidang lainnya, karena Inkoppol Divisi Bisnis Development juga banyak bergerak di bidang pertanian maupun bidang pertambangan, kami bisa ikut sama-sama kerjasama dengan Inkoppol Divisi Bisnis Development untuk penyediaan alat-alat pertanian maupun pertambangan,” imbuhnya.

MOU ditandatangani kedua belah pihak dari Inkoppol ditanda tangani oleh Ketua Inkoppol Irjen Pol (Pur) Yudi Suharyanto SH. Sedangkan, dari Pindad Enjiniring Indonesia ditanda tangani oDirut Pindad Enjiniring Indonesia kolonel Budhiarto dengan disaksikan oleh Direktur Kemitraan Inkoppol Budi Satryo, Kepala Divisi Bisnis Development Inkoppol Irjend. Pol (Pur) Jhoni Samosir dan jajaran pejabat tinggi Inkoppol. *