12 Fakta Ki Joko Bodo

KI Joko Bodo
Ki Joko Bodo. | ist

FORUM KEADILAN – Mantan paranormal Ki Joko Bodo dikabarkan meninggal dunia pada Selasa, 22/11/2022. Pria berusia 57 tahun tersebut meninggal karena sakit.

Kabar mangkatnya Ki Joko Bodo dibenarkan putrinya Ayda Prasasti. “Iya (betul, meninggal). Jam 10, jam 9.57 lah,” kata Ayda.

Bacaan Lainnya

Berikut 12 fakta tentang sosok nyentrik Ki Joko Bodo:

  1. Lahir di Bali. Ki Joko Bodo lahir di Singaraja, Bali, pada 1964.
  2. Nama asli Agus Yulianto. Sejak kecil, Agus Yulianto sudah akrab dengan berbagai ilmu fisik dan batin. Konon, keputusan Agus untuk menjadi Ki Joko Bodo karena dorongan ekonomi. Dia kesulitan mencari pekerjaan hingga akhirnya memutuskan memperdalam ilmu paranormal dan menjadikannya sebagai profesi pada dekade ’90-an.
  3. Ilmu Gendam Putih. Ki Joko Bodo dikenal luas mampu menangani berbagai problem manusia seperti nasib, ekonomi, dan usaha. Salah satu ilmu kesaktian yang diyakini dimilikinya adalah ilmu gendam putih. Ilmu ini diklaim bisa membantu kliennya untuk sembuh dari penyakit, bahkan bisa berkomunikasi dengan makhluk halus.
  4. Masuk dunia hiburan. Ki Joko Bodo mulai masuk ke dunia hiburan pada era milenium. Dia kerap hilir mudik di berbagai liputan infotainment, terutama saat peralihan tahun dan diminta ramalannya untuk tahun depan.
  5. Penampilan nyentrik. Mungkin tak banyak tokoh di Indonesia yang konsiten tampil nyentrik seperti dirinya. Rambut gondrong awut-awutan, plus kumis dan janggut panjang menjadi ciri khas penampilannya.
  6. Main film horor. Di puncak popularitasnya Ki Joko Bodo pernah terjun ke dunia akting dengan membintangi film horor “Terowongan Casablanca” pada 2007.
  7. Mendirikan band “3 Mantra”. Pada 2007 pula, dia mendirikan band yang diberi nama “3 Mantra”. Nama tersebut merupakan singkatan dari “tiga manusia tradisional” yang merujuk kepada tiga anggotanya, Ki Joko Bodo, Ki Joko Wasis, dan Ki Joko Yono. Band 3 Mantra sempat merilis single bertajuk “Kadukuniku” pada 2011.
  8. Memutuskan hijrah. Masuk era 2010-an populritas Ki Joko Bodo mulai redup. Pada 2014, dia kembali jadi sorotan setelah memutuskan untuk hijrah, meninggalkan dunia paranormal, menanggalkan nama beken Ki Joko Bodo, dan kembali menggunakan nama aslinya.
  9. Klimis setelah hijrah. Saat berhenti dari kehidupan sebagai paranormal Ki Joko Bodo menggunting rambut gondrongnya, mencukur kumis dan janggutnya sehingga tampak klimis.
  10. Tempat Perdukunan jadi masjid. Pada 2019, tempat praktiknya yang semula menjadi lokasi praktik perdukunan dijadikannya masjid.
  11. Pakai tongkat untuk jalan. Akhir 2020, dia dikabarkan mengalami sakit dan jatuh di kamar mandi. Akibatnya, Ki Joko Bodo terpaksa menggunakan tongkat untuk membantunya berjalan.
  12. Kasus KDRT. Agus Yulianto diketahui pernah menikah beberapa kali dan sempat tersandung kasus kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri ke empatnya, Ni Kadek Leli Mariati pada 2011. Namun, Ni Kadek mencabut laporan tersebut.*