Listrik RSUD Cianjur Padam, Nakes Kesulitan Tangani Pasien

Tenaga kesehatan di RSUD Cianjur menangani korban gempa di tengah kegelapan. | dok. Detik.com

FORUM KEADILAN – Para tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Sayang Cianjur kesulitan merawat pasien korban gempa. Pasalnya, listrik masih padam hingga malam ini, sehingga situasi gelap gulita.

Salah seorang nakes RSUD Jajat Multazam mengatakan, dirinya sulit untuk menginfus pasien karena minim pencahayaan. Dia juga kesulitan menangani pasien yang mengalami luka.

Bacaan Lainnya

“Sulit, Kang, untuk infus pasien, termasuk untuk penanganan yang mengalami luka robek. Ada beberapa bagian di rumah sakit yang sudah menyala, tapi yang di halaman parkir ini masih minim pencahayaan,” kata Jajat, dikutip dari Detik.com, Senin, 21/11/2022.

Sejumlah nakes lantas menggunakan senter hingga flash dari telepon seluler untuk melakukan penanganan medis.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan pihaknya sudah menghubungi PLN agar secepatnya melakukan normalisasi jaringan listrik.

“Saya minta diutamakan normalisasi jaringan listrik ke RSUD, supaya korban yang patah tulang bisa segera menjalani operasi,” kata Herman.

Gempa dengan magnitudo 5,6 melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin siang, 21/11/2022, pada pukul 13.21 WIB. Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107.05 Bujur Timur.

Selain di Cianjur dan sekitarnya, getaran gempa cukup kuat dirasakan pula di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Di kawasan Jalan Juanda, Gambir, Jakarta Pusat, lokasi kantor FORUM KEADILAN, getaran gempa terasa hingga lantai lima.

Getaran gempa begitu kuat sehingga lantai, kursi, meja, dan lampu-lampu bergoyang. Getaran terjadi beberapa detik ini sempat menimbulkan kekagetan dan kepanikan di kalangan karyawan.

Informasi yang diperoleh FORUM, getaran gempa juga dirasakan warga di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan sekitarnya.

Meski terasa cukup kuat getarannya, gempa Cianjur ini tidak menimbulkan potensi tsunami.*