TIADA PIDANA TANPA KESALAHAN

Presiden Jokowi Ganti Bantuan Sembako ke BST

Tak ingin kejadian pemotongan duit bantuan sosial (Bansos) terulang pada 2021 mendatang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 diganti dengan bantuan sosial tunai (BLT).

“Jangan sampai ada potongan-potongan dalam bentuk apapun seperti kejadian di bansos Jabodetabek,” ujar Jokowi saat memberikan arahan di rapat terbatas dengan para menteri terkait penyaluran bansos Covid-19 pada 2021 di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Jokowi menuturkan, bansos yang sebelumnya diberikan ke masyarakat berupa pengadaan bahan sembako, kini telah diganti oleh pemerintah dengan bantuan sosial tunai (BST).

“Jadi yang dulu kita berikan dalam bentuk sembako kita sudah putuskan sekarang lewat tunai, lewat PT Pos atau lewat bank,” katanya.

Jokowi juga memerintahkan kepada jajarannya agar pada Januari 2021 penyaluran bansos dari pemerintah ini tersalurkan ke masyarakat.

“Januari 2021 awal harus tersalurkan karena akan memberikan trigger pada pertumbuhan ekonomi. Jadi jangan sampai mundur,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga menjelaskan, bansos dalam bentuk tunai tersebut akan mampu menumbuhkan daya beli masyarakat. Sehingga memacu pertumbuhan ekonomi di tanah air.

 

You might also like