PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Dperiksa Polda Metri Jaya, Habib Rizieq Tanggapi Penahanannya

Imam Besar Front Pembela Islam (FPI)  Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya. Ia akan menjalani pemeriksan sebagai tersangka penghasutan dan kerumunan di tengah pandemi Covid-19, Sabtu (12/12/2020).

Habib Rizieq tiba pukul pukul 10.26 WIB. Ia menggunakan pakaian putih dan memaai sorban. Habib Rizieq hanya didampingi oleh tim kuasa hukumnya. Tidak ada massa yang dikerahkan ke Polda Metro Jaya.

Kendati demikian, Polda Metro Jaya tetap melakukan antisipasi dengan menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan.

Habib Rizieq sebelumnya menegaskan, berkomitmen untuk memenuhi panggilan kepolisian. Adapun dua kali tidak memenuhi panggilan, karena dirinya sedang dalam pemulihan dan itu sudah disampaikan pemberitahuannya ke polisi oleh kuasa hukumnya.

“Saya umumkan untuk seluruh anak bangsa insya Allah besok hari Sabtu tanggal 12 Desember 2020 (hari ini) di pagi hari saya bersama pengacara akan datang ke Polda Metro Jaya Insya Allah,” tuturnya Habib Rizieq melalui video Front TV.

Dalam perkara ini Habib Rizieq dikenakan Pasal 160 dan 216 KUHP. Adapun ancaman maksimalnya mencapai hukuman 6 tahun penjara.

 

Hasil Tes Antigen Covid 19 Negatif

Habib Rizieq Shihab (HRS) menjalani tes Antigen Covid-19 sesuai dengan prosedur protokol kesehatan sebelum menjalani pemeriksaan. HRS menyambangi Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus penghasutan dan perintangan penyidikan.

“Iya, Habib Rizieq menjalani Antigen dan lebih akurat, hasilnya negatif,” ujar Kuasa Hukum FPI Sugito Atmo saat dikonfirmasi, Sabtu (12/12).

Setelah tes Antigen selesai, proses langsung dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan. Dalam pemeriksaan sebagai tersangka, HRS didampingi oleh tim kuasa hukumnya dan perwakilan keluarga.

Namun, Sugito tidak merinci siapa perwakilan dari keluarga yang turut hadir dalam pemeriksaan tersebut. “Selain dari tim hukum, perwakilan dari pihak keluarga beliau hadir, ada dua orang yang ikut mengantar,” tutur Sugito.

 

Soal Penahanan Dan Keberadaannya Selama Ini

Habib Rizieq Shihab (HRS) mengungkapkan keberadaannya selama tersangkut kasus pelanggaran protokol kesehatan hingga ditetapkan sebagai tersangka. Menurutnya, selama ini dirinya menghabiskan waktu di Pondok Pesantren Agrokultural Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

“Saya selalu ada di Pesantren Agrokultural. Saya tidak ke mana-mana. Itu tempat tinggal saya. Sekali-kali saya ke Petamburan dan Sentul untuk menengok anak dan cucu saya,” ujar HRS di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12).

Dalam kesempatan itu HRS juga mengatakan akan mengabarkan perkembangan pemeriksaannya secara berkala melalui kuasa hukumnya. “Secara berkala pengacara saya akan menemui rekan media,” tambah Rizieq.

Habib Rizieq Shihab  juga mengatakan menyerahkan masalah penahanan itu kepada penyidik. “Nanti kita lihat usai pemeriksaan, perkembangannya nanti disampaikan pengacara,” ujarnya, Sabtu (12/12/2020)

You might also like