PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Bingung antara Swab Antigen atau Rapid Antigen? Begini Penjelasannya

Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyetujui rapid test antigen sebagai tes yang bisa digunakan untuk mendeteksi virus Covid-19. Alhasil masyarakat pun berpikiran kalau rapid test antigen dan swab test antigen adalah dua jenis pemeriksaan yang berbeda. Apakah betul?

Apakah rapid antigen dan swab antigen berbeda? Lalu mana yang harus dipilih agar bisa mendapat hasil yang akurat?

Dikutip dari laman halodoc, ternyata swab antigen dan rapid antigen adalah tes yang sama. Berdasarkan artikel yang ditulis oleh dr Fadhli Rizal Makarim, rapid test antigen dan swab antigen adalah jenis tes yang sama. Disebut rapid test antigen, karena tes untuk mendeteksi virus Covid-19 dapat memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu hanya dalam waktu 15 menit.

Sementara yang lain menyebutnya dengan swab antigen, karena tes tersebut dilakukan dengan metode swab atau usap untuk mengambil sampel dari sekresi hidung dan tenggorokan.

Namun, baik rapid test antigen maupun swab antigen adalah jenis tes antigen yang sama, yang dirancang untuk mendeteksi protein tertentu dari virus yang memunculkan respons kekebalan tubuh.

Tes antigen adalah tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu, yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini. Rapid test antigen biasanya digunakan untuk mendiagnosis patogen pernapasan, seperti virus influenza dan respiratory syncytial virus (RSV).

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberikan otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk tes antigen sebagai tes untuk mengidentifikasi SARS-CoV-2.

Tes antigen juga relatif murah dan dapat digunakan di tempat-tempat perawatan. Alat yang sudah diotorisasi ini juga dapat memberikan hasil diagnosis dalam waktu sekitar 15 menit.

Kekurangannya hanya satu, tes antigen umumnya kurang akurat dibandingkan tes virus yang mendeteksi asam nukleat dengan menggunakan polymerase chain reaction (PCR) atau disebut juga tes PCR.

Meski begitu, rapid test antigen atau disebut dengan swab antigen setidaknya membantu menyaring orang-orang untuk mengidentifikasi apakah mereka membutuhkan tes yang lebih pasti.

Jadi tidak perlu bingung lagi, pada dasarnya rapid dan swab antigen adalah jenis pemeriksaan yang sama untuk mendeteksi molekul yang mampu menstimulasi respons imun. Molekul tersebut dapat berupa protein, polisakarida, lipid, atau asam nukleat. Tiap antigen memiliki fitur permukaan yang berbeda yang dikenali oleh sistem kekebalan.#

You might also like