TIADA PIDANA TANPA KESALAHAN

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Siap Berdialog Dengan Habib Rizieq

Sekelompok masyarakat yang mengusulkan agar Habib Rizieq Shihab dan pemerintah yang diwakili oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin  bertemu dan saling berdialog.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak masalah jika nantinya bertemu dengan pentolan FPI Habib Rizieq Shihab. Apalagi tujuannya untuk kebaikan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan juru bicara Wakil Presiden Maruf Amin, Masduki Baidlowi, Jumat (20/11/2020). Masduki memastikan Wapres Maruf tidak akan menolak terkait wacana pertemuan tersebut.

Masduki Baidlowi, mengatakan bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyambut baik ide pertemuan tersebut.

“Terhadap gagasan pertemuan itu ya Wapres tidak ada masalah. Wapres ‘welcome’, artinya itu hal yang bisa dilakukan selama membawa kebaikan bagi bangsa dan negara,” ujar Masduki dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat, 20 November 2020.

“Wapres tidak masalah ketemu Habib Rizieq. Wapres welcome ya tidak masalah,” kata Masduki, Jumat (20/11/2020).

“Sehingga saya kira pertemuan antara wapres dan Habib Rizieq kalau gagasan bisa terjadi ya bagus-bagus saja dan wapres tidak menolak,” Masduki menambahkan.

Terhadap kemungkinan pertemuan itu nanti akan memunculkan berbagai persepsi di tengah masyarakat, tidak terlalu dikhawatirkan karena tidak bisa dihindari.

“Sekali lagi, sepanjang itu membawa kebaikan bagi bangsa dan negara, wapres sebagai ulama dan orang nomor dua pasti akan melakukan.”

Menyangkut dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang sekarang sedang diusut polisi, Masduki menegaskan, “kita harus menegakkan protokol Covid-19. Karena ketaatan kita adalah kunci agar kita bisa bangkit dan keluar dari krisis. Kalau tidak bisa keluar dari krisis kesehatan, kita tidak bisa keluar dari krisis ekonomi.”

Masduki juga mengatakan, sudah ada organisasi masyarakat (ormas) Islam yang menawarkan diri menjadi penyelenggara pertemuan tersebut jika kedua belah pihak memang bersedia untuk bertemu.

“Sudah ada (ormas) yang sudah bertemu, tapi saya tidak bisa bercerita lebih dari itu,” ucap Masduki.

Masduki juga mengatakan, persepsi politis tidak dapat dihindari jika pertemuan tersebut jadi terselenggara. Namun, dia menegaskan,pertemuan tersebut tidak seharusnya dijadikan polemik sepanjang dapat membawa kebaikan.

“Persoalan Rizieq Shihab tidak akan selesai sampai di sini, itu kan harus ada dialog. Sekali lagi, ini baru gagasan dari masyarakat bahwa Wapres diminta merespons. Soal persepsi politik dan macam-macamnya itu memang tidak bisa terhindarkan,” tegasnya.

Polemik terkait pimpinan FPI itu, menurut dia, tidak akan selesai begitu saja sehingga harus ada jembatan dialog antarulama terkait hal tersebut.

You might also like