PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Kapolda NTB : Lomba Kampung Sehat Untuk Memutus Mata Rantai Covid-1

 

Mataram, Forum keadilan.com
Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal,S.I.K, M.H. menyampaikan tentang lomba Kampung Sehat untuk memutus mata rantai Covid-19. Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Provinsi (Peprov) NTB, dan TNI menggelar Lomba Kampung Sehat di seluruh wilayah NTB untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan menumbuhkan kesadaran seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes).
ajang ini digelar agar semua masyarakat mempunyai kesadaran dalam mencegah penyebaran virus corona jenis baru, SARS CoV-2 yang hingga saat ini belum ada obat dan vaksinya.

Menurutnya, selain belum ada obat dan vaksinya, tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan prokes juga belum sesuai harapan, sehingga perlu strategi dan perlakuan (treatment) khusus untuk menumbuhkannya.
“Perlu ada strategi dan treatment khusus yang dapat menggugah masyarakat untuk ikut bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya dengan mengadakan Lomba Kampung Sehat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/10).Polda NTB sebagai inisiator beserta pemerintah daerah, Polres, Polsek dan didukung TNI, instansi terkait serta Mitra Kamtibmas lainnya, melaksanakan lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru yang dilaksanakan terhitung mulai tanggal 19 Juni sampai dengan 10 November 2020.

Turun ke tengah penduduk

Lomba ini terdiri dari beberapa bidang, yakni kesehatan, sosial ekonomi, keamanan, dan informasi dan kreativitas dengan mengedepankan kegiatan sebagai motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.
Menurut Iqbal, bidang-bidang di atas sangat penting, termasuk soal meningkatkan ketahanan pangan dan menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat NTB bisa semakin produktif di masa tatanan baru pandemi Covid-19.Aktualisasi kegiatan tersebut, lanjut Iqbal, sebagai salah satu strategi Pemerintah melalui kerja sama dan kemitraan Polri dengan potensi masyarakat dalam rangka mendorong dan menggerakkan potensi masyarakat untuk ikut serta berperan aktif dalam meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Peraihan prestasi para peserta juga tidak dapat dipisahkan dari kualitas atau hasil dari kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing desa atau kelurahan, mentor, dan sarana pendukung lainnya.
“Dengan demikian akan terpilih desa terbaik yang benar-benar melaksanakan sesuai indikator yang diberikan pada masing-masing desa yang nantinya akan menjadi desa role model dalam memerangi pandemi virus corona atau Covid-19,” ujarnya.Iqbal mengungkapkan, kegiatan lomba kampung sehat ini telah berjalan hingga pelaksanaan tingkat provinsi dan puncak acaranya akan dilaksanakan pada tanggal 10 November 2020 dalam bentuk pemberian anugerah penghargaan yang rencananya akan dihadiri oleh Kapolri dan Pejabat Utama Mabes Polri.
(Ipah Musrifah)

You might also like