PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Jual Produk Di Luar Standard, Irian Market Kisaran Terancam Ditutup

Pasar modern Irian Market Kisaran yang berada di Jalan Imam Bonjol Kota Kisaran, Asahan, terancam ditutup. Pasalnya, pusat perbelanjaan itu ditengarai dengan sengaja menjual produk yang tidak memenuhi standard kepada konsumen.

“Produk yang beredar dan dijual kepada konsumen tidak memenuhi standart yang sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ungkap Humas Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Asahan, OK Moch Rasyid SE, saat dikonfirmasi di kantornya, Kamis (8/10/2020).

OK Rasyid menjelaskan, awalnya BPSK Asahan menerima laporan dari pihak konsumen bahwasannya ada produk makanan yang sama sekali tidak menggunakan Bahasa Indonesia sebagaimana diatur dalam Permendag RI No 73 tahun 2015 yang diperbaharui Permendag No 79 tahun 2019 tentang pencantuman label bahasa Indonesia.

“Masalah ini sudah kami sidangkan pada hari ini (Kamis-red), namun pihak pengusaha tidak menghadiri jadwal persidangan yang telah ditentukan. Padahal, undangan sidang sudah kami sampaikan ke pihak management Irian Market,” ujar Rasyid.

Menurutnya, produk yang dijual di Irian Market tidak mencantumkan bahasa Indonesia sehingga para konsumen tidak mengetahui arti tulisan yang tertera di produk luar tersebut, sehingga pihak konsumen tidak mengetahui kandungan apa didalam makanan yang ditawarkan pihak pengusaha.

“Ini jelas berbahaya dan merugikan konsumen. Dan saat kami undang bersidang, pihak pengusaha tidak menghadirinya. Kami pun akan melakukan pemanggilan kedua, dan apabila mangkir juga, maka ada penjemputan paksa oleh penegak hukum, bahkan usaha bisa ditutup,” tegas Rasyid.

Sementara itu, saat dikonfirmasi pihak management Irian Market , Marwan mengatakan bahwa pihaknya akan memenuhi panggilan BPSK yang kedua pada minggu depan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. “Kami akan hadir dan akan menjelaskan pada saat persidangan kedua nanti, tadi kami lagi sibuk, jadi gak bisa datang.” ujar Marwan singkat. (tim)

You might also like