Operasi Yustisi, Sanksi Sosial dan Masyarakat yang Tak Patuh

LHOKSEUMAWE – Sejak mulai diterapkan pada Senin, 14 September 2020 lalu, puluhan masyarakat telah terjaring razia Operasi Yustisi di Lhokseumawe, akibat tidak mematuhi protokol kesehatan.

Sebagai upaya untuk penegakan disiplin, petugas pun telah memberi sanksi kepada para pelanggar, dari mencatat identitas, mencabuti rumput hingga membersihkan sampah.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun masih ada juga sebagian dari masyarakat yang membandel dan seakan menantang maut.

Padahal mereka setiap saat berada di lokasi yang rentan terpapar virus corona, ditambah lagi belakangan ini kasus positif corona terus meningkat, bahkan tidak sedikit juga yang berujung pada kematian (meninggal dunia).

Seperti yang terlihat pada Senin (21/09/2020) sekira Pukul 09.00 WIB, petugas gabungan dari TNI/Polri dan Satpol PP-Wilayatul Hisbah kembali melaksanakan operasi penegakan disiplin terhadap masyarakat untuk menggunakan masker.

Kegiatan itu berlangsung di Pasar Cunda dan di Jalan Merdeka depan Terminal Bus AKAP Lhokseumawe. Dalam razia tersebut, petugas mendapati 58 warga yang tidak menggunakan masker.

Operasi tersebut diawali dengan apel gabungan yang melibatkan 45 personil gabungan dan dukungan sarana prasana mobil patroli, serta mobil public address dari satuan TNI/Polri dan Satpol PP-WH setempat.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, melalui Kabag Ops AKP Teuku Heri Hermawan menyebutkan, operasi dilakukan dengan meningkatkan patroli di lokasi keramaian, seperti pasar dan dengan menggelar razia yang sifatnya stasioner.

“Dalam razia kali ini, pelanggar dicatat identitasnya dan diberikan sanksi membacakan ayat pendek (Al-Qur’an) serta sanksi sosial membersihkan sampah,” kata AKP Teuku Heri Hermawan.

Dikatakannya, kepada para pelanggar juga dibagikan masker secara gratis oleh petugas, setelah mereka selesai menjalani sanksi sosial membersihkan sampah di sekitar lokasi razia.

“Kami himbau kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak serta selalu mencuci tangan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.” harapnya. (54-YU)

Reporter : Iskandar | Lhokseumawe

You might also like