Kejatisu Proses Oknum Jaksa di Tanah Karo Diduga Peras ASN Dinas Kesehatan

Insan Adhyaksa kembali disoal. Kali ini, seorang oknum jaksa yang bertugas di Kabupaten Tanah Karo diduga melakukan pemerasan terhadap ASN Dinas Kesehatan di salah satu Puskesmas. Akibat tidak tahan terhadap tindakan pemerasan yang dialaminya, sang ASN melaporkannya ke pihak pengawasan kejaksaan.

“ASN itu sudah melapor ke pengawasan kejaksaan. Laporannya sudah diproses pengawasan,” ucap sumber.

Keterangan diperoleh, Senin (28/9/2020), kasus dugaan pemerasan oknum jaksa terhadap ASN ini terkesan senyap. “Ini tidak boleh dibiarkan. Harus transparan, agar publik tahu bahwa institusi kejaksaan tidak akan membiarkan oknum jaksa nakal merusak citra yang menyimpang dari Tri Krama Adhyaksa,” tutur Syamsuddin, pegiat anti korupsi.

Sebelumnya, Plt Kasipenkum Kejatisu, Karya Graham Hutagaol SH MH, ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (8/9/2020), membenarkan adanya laporan pemerasan oleh oknum jaksa tersebut.

“Kejaksaan sudah merespon laporan pengaduannya. Sudah dibentuk tim pengawasan oleh Kejatisu dan telah turun ke Tanah Karo untuk klarifikasi. Kalau ditemukan bukti, maka akan meningkat menjadi inspeksi kasus dan tindakan itu bisa menjadi tindak pidana,” sebut Karya Graham.

Karya Graham yang juga merupakan Kasi E Intel Kejatisu tidak menjelaskan pemerasan itu terkait kasus apa, dan tidak menyebutkan nama pelapor maupun jaksa yang dilaporkan. Namun, dia tidak membantah informasi identitas jaksa dan jabatannya yang dilaporkan. “Masih klarifikasi bang. Jadi belum bisa disebut namanya dan belum tentu terbukti laporannya,” tukasnya. (Nikson Sinaga)

You might also like