Gatot Nurmantyo Ikut Tabur Bunga, Ditolak Sekelompok Massa

Acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, sempat diwarnai kericuhan. Acara yang diselenggarakan oleh massa Purnawirawan Pengawal Kedaulatan Negara (PPKN) ini dihadiri oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono menjelaskan bahwa kericuhan terjadi sesaat setelah Gatot Nurmantyo dan massa purnawirawan melakukan tabur bunga di TMP Kalibata.

“Tadi ada acara tabur bunga dari purnawirawan dan pada saat sudah selesai dan mau pulang ada kelompok yang datang orasi,” kata Kombes Budi Sartono kepada wartawan, Rabu, 30/9/2020.

Kericuhan tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Kericuhan bermula ketika sekelompok orang yang mengatasnamakan mahasiswa datang ke TMP Kalibata menolak aksi tabur bunga Gatot Nurmantyo cs yang disebut sebagai aksi mengenang pemberontakan G30S/PKI.

Massa yang menolak aksi tersebut sempat dikejar oleh massa purnawirawan. Kaca angkot juga tampak pecah akibat kericuhan ini.

Kericuhan di TMP Kalibata itu viral di media sosial. Saat itu, terlihat juga ada Gatot Nurmantyo memakai baret merah di lokasi.

Polisi tampak melerai massa yang ricuh. Sembari membubarkan massa yang ricuh, aparat yang ada di lokasi juga terlihat berdialog dengan Gatot Nurmantyo.

KAMI pun tak ambil pusing soal penghadangan yang dilakukan sebagian orang kepada mantan Panglima TNI tersebut. Ketua Komite Eksekutif KAMI Ahmad Yani saat dihubungi, Rabu (30/9/2020) mengaku tidak mengetahui dari mana massa itu berasal.

“Yang datang menolak itu hanya segelintir lah. Hanya beberapa orang, ada 3 mobil, mereka di atas mobil itu paling banyak 7-10 orang lah. Mungkin 30 orang lah,” katanya.

“Nggak tahu, karena mereka nggak lama juga kan. Saya setelah itu pergi. Mungkin dari pihak kepolisian memberi peringatan juga karena pasti mereka juga tidak memberikan informasi mau melakukan kegiatan itu kan. Mungkin ada keributan di situ,” imbuh Yani.

Yani menegaskan acara tabur bunga berlangsung lancar. Penghadangan bukan terjadi saat acara itu berlangsung.

 

 

 

You might also like