Relawan Uji Klinis Vaksin Covid 19 Capai 620 Orang

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac, Prof Kusnandi Rusmil mengatakan jumlah relawan yang mendaftar terus bertambah. Sejauh ini, sudah ada 620 relawan yang mendaftar diri untuk ikut serta dalam uji klinis vaksin itu di Kota Bandung.

“Jumlah relawan yang terdaftar sudah 620, rencana akan diuji coba mulai 11 Agustus 2020,” kata Kusnandi saat ditemui di PT Biofarma, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Selasa.

Kusnandi menyebut, sebelum pendaftaran uji vaksin dibuka, sudah banyak calon relawan yang menyatakan keinginannya untuk berpartisipasi. Meski sudah ada 620 relawan yang terdaftar, namun menurutnya permintaan keikutsertaan masyarakat lain juga cukup banyak.

Di lain sisi, menurut Kusnandi, sejauh ini belum ada pejabat publik yang mendaftar untuk menjadi relawan uji vaksin itu. Ia menyebut, para pejabat juga tetap mendukung pelaksanaan uji vaksin tersebut.

“(Kalau ASN) belum ada ya, paling dokter teman-teman saya di daerah, kan harus orang Bandung,” kata dia.

Kusnandi mengatakan, proses tahap awal uji vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi asal China itu bakal dilakukan pada 11 Agustus 2020 mendatang. Nantinya, proses itu bakal diawali dengan melakukan tes usap terhadap para relawan.

“Nanti yang mendaftar diperiksa kesehatannya, banyak syarat. Mungkin ada yang tidak bisa ikut,” kata dia.

Uji klinis itu, menurut Kusnandi nantinya akan melibatkan sekitar 20 dokter spesialis dan 30 dokter umum. Dalam satu hari, uji vaksin itu hanya akan diikuti oleh sekitar 20-25 relawan di tiap tempat.

 

250 Juta Dosis Pertahun

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir, memastikan Bio Farma mampu memproduksi vaksin Covid-19 sebanyak 250 juta dosis per tahun pada akhir 2020. Bio Farma saat ini sudah siap memproduksi 100 juta dosis vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Erick saat meninjau laboratorium dan fasilitas produksi Bio Farma, perusahaan induk BUMN di bidang farmasi, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/8). Kunjungan ini sekaligus untuk memastikan kesiapan uji klinis fase 3 calon vaksin Covid-19 hasil kolaborasi bersama Sinovac.

“Hari ini saya memastikan Bio Farma saat ini sudah siap memproduksi 100 juta dosis vaksin Covid-19 per tahun dan di akhir tahun siap memproduksi 250 juta dosis per tahun,” ujar Erick.

Dalam upaya percepatan penanganan pandemi, lanjut Erick, salah satu fokus utama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, adalah melipatgandakan ketersediaan vaksin dan terapi pengobatan yang sangat krusial untuk menanggulangi pandemi.

Terkait hal itu, Bio Farma telah memproduksi vaksin sejak 1890 dan dipercaya lebih dari 150 negara dalam memproduksi 15 jenis vaksin, dengan pangsa pasar 75 persen vaksin polio yang menyebar di seluruh dunia. Bio Farma juga memastikan bahwa produknya halal, dan sudah digunakan di beberapa negara Timur Tengah.

“Mari kita percaya atas kemampuan bangsa sendiri. Jangan ragukan kemampuan Bio Farma yang sudah teruji, baik untuk memproduksi vaksin yang dihasilkan dari kerjasama dengan negara lain juga vaksin murni karya Bio Farma sendiri. Ini karya anak bangsa. Kita maksimalkan uji klinis dan produksi vaksin Covid-19 agar tahun depan masyarakat dapat segera diimunisasi,” lanjut Erick.

Oleh karenanya, sambil menunggu awal tahun depan saat vaksin Covid-19 siap digunakan, Erick Thohir mengajak kepada masyarakat agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Bila mau beraktivitas, baik bekerja atau berolahraga, jangan pernah lupa untuk 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Ingat selalu itu. Insya Allah, kita akan tetap sehat dan melawati pandemi ini dengan selamat, sehingga perekonomian kita bisa pulih kembali,” ucap Erick.

 

Buatan Cina

Petugas kesehatan memeriksa suhu tubuh pengunjung sebelum memasuki Puskesmas Dago, Jalan Ir H Juanda, Kota Bandung, Selasa (4/8).

Lokasi Uji Klinis tahap tiga vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech China tersebar di enam titik yakni di Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Dago, Puskesmas Ciumbuleuit dan Puskesmas Garuda.

You might also like