Polda Sulawesi Selatan Maksimalkan Pengusutan Penyelewengan Dana Bansos Covid 19

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Penyidik Tipikor Ditreskrimsus (Direktorat Reserse Kriminal Khusus) Polda Sulsel memaksimalkan penanganan penyelidikan, kasus dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan, penyaluran bantuan sosial (Bansos) di Dinas Sosial Kota Makassar bagi warga Kota Makassar terdampak Covid-19.

Direktur Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Augustinus Berlianto Pangaribuan, mengatakan, pihaknya masih melakukan Puldata dan Pulbaket untuk memastikan ada tidaknya indikasi perbuatan dan unsur tindak pidana, dalam penyelidikan kasus tersebut.
”Kita mesti harus memastikan peristiwa dan unsur tindak pidananya dalam tahap penyelidikan ini,” tukas Direktur Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kombes Pol Augustinus Berlianto Pangaribuan, Rabu (29/7).

Termasuk unsur yang mengarah pada peristiwa tindak pidana korupsi dan indikasi kerugian negara dalam kasus dugaan penyimpangan dan penyalahgunaan penyaluran Bansos Covid-19 di Dinas Sosial Kota Makassar.

Makanya, kata Augustinus, pihaknya berencana menggandeng ahli, untuk bersama-sama melakukan gelar perkara terhadap kasus tersebut. Tujuannya, untuk mencari tahu serta agar dapat memastikan, ada tidaknya indikasi tindak pidana korupsi yang berdampak pada timbulnya kerugian negara.

”Dalam waktu dekat ini, rencana kita akan melakukan gelar perkara bersama ahli,”tandasnya.

Hanya saja, Augustinus belum bisa terlalu membeberkan terkait rencana tersebut. Sebab menurutnya hal tersebut sifatnya masih tertutup dan rahasia.

Laporan soal kasus itu ditangani oleh penyidik Direktorat Kriminal Khusus Polda S. ulsel”Namanya lidik (penyelidikan) belum patut kita sampaikan dan memang tidak diperuntukkan kepada publik dulu. Nanti kalau perkembangan kasusnya nanti akan kita komunikasikan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Ibrahim Tompo di Makassar, Jumat (3/7/2020)

Ibrahim mengatakan, penyelidikan berjalan seiring pengumpulan data dan bahan keterangan soal pendistribusian bansos COVID-19 di Makassar. Ibrahim memastikan bahwa jika prosesnya sudah mencukupi, penyelidikan pun akan ditingktakan lebih lanjut.

“Terkait bansos-bansos dan indikasi-indikasi adanya penyelewengan tersebut, kita juga memang sudah mendapatkan informasi. Ini sudah kita dalami. Dan saya rasa, regulasinya itu tidak susah kita buka. Karena memang regulasinya kan terlihat, jadi nanti tetap akan di dalami supaya terlihat jelas (alurnya),” ucap Ibrahim.

You might also like