Pencuri Mobil Mantan Kapolda Jabar Kembali Ditangkap Saat Bawa Kabur Kendaraan Warga

Polres Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menangkap RO (16) terkait penipuan dan penggelapan. RO membawa kabur mobil yang hendak dijual oleh pemiliknya.

 

Kapolresta Tasikmalaya, AKBP Anom Karibianto menyebut bahwa RO ditangkap di Bandung pada Selasa (11/8/2020) malam. “Tadi malam pukul 23.30 WIB kita tangkap tersangka di Bandung dengan barang buktinya,” sebut Anom, Rabu (12/8/2020).

 

Aksi kejahatan yang dilakukan RO ini bukan yang pertama kalinya dilakukan. RO sebelumnya ditangkap polisi pada April 2020 dengan kasus yang sama, yaitu membawa kabur dua sepeda motor dan satu mobil yang sedang dicuci di tempat pencucian mobil. Modusnya adalah disuruh mengambil oleh pemiliknya, dan salah satu mobil yang dibawa kabur itu adalah milik mantan Kapolda Jabar, Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan.

 

Pada kasus tersebut, RO tidak diproses lebih jauh karena para korban mencabut laporannya. Selain itu juga ada pertimbangan lainnya, yaitu statusnya masih pelajar dan di bawah umur sehingga RO pun lolos dari hukuman.

 

“Tersangka ini rupanya tidak jera dan kembali melakukan kejahatan dengan membawa kabur mobil Honda CR-V yang hendak dijual pemiliknya. Modusnya dia pura-pura ingin beli, kemudian test drive, tidak didampingi korban, lalu dibawa kabur,” jelasnya.

 

Pengakuan RO, disebut Anom, apa yang dilakukannya bukan karena dasar kebutuhan ekonomi, melainkan guna memenuhi kebutuhan gaya hidup. Mobil hasil curiannya diketahui untuk dipakai tidak dijual.

 

Saat ini RO diketahui sudah putus sekolah. Atas perbuatannya, tersangka akan dikenakan Pasal 378 KUHP. “Ancaman hukumannya penjara maksimal 4 tahun. Namun, karena status tersangka masih di bawah umur, proses hukumnya akan disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.

You might also like