Kades Jabung Ditahan, Keluarga Pingsan

Proses penahanan Kepala Desa (Kades) Lebak Jabung non aktif, Arif Rahman berlangsung dramatis. Ini lantaran saat menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus eksploitasi alam, Kades non aktif diantar ratusan warganya ke kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto.

Warga Desa Lebak Jabung, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto menolak untuk pulang tanpa Kades karena menilai kasus yang menyeret Kades nya tersebut merupakan kriminalisasi. Meski menggelar aksi di depan kantor Kejari Kabupaten Mojokerto hampir tujuh jam, namun Kades Lebak Jabung non aktif tetep dilakukan penahanan.

Namun proses penahanan Kades Lebak Jabung non aktif tersebut harus melalui proses panjang. Ini lantaran, dari awal warga menolak pulang tanpa Kades Lebak Jabung non aktif. Hingga akhirnya, Kuasa Hukum tersangka dari LBH NU, Asrorul Huda turun memberikan pengertian kepada warga.

“Hari ini beliau (Kades Lebak Jabung non aktif) diperiksa, walahpun tidak enak didengar. Kami tim kuasa hukum sudah berupaya semaksimal mungkin agar Pak Kades bisa pulang bersama-sama. Tapi dengan berat hati, Pak Kades akan ditahan pihak Kejaksaan,” ungkapnya dihadapan ratusan warga Desa Lebak Jabung, Senin (3/8/2020).

Masih kata Asrorul, aturan proses hukum itu ada. Namun proses harus dikawal bersama agar proses berjalan bersih. Ia meminta semua bersama-sama mengawal kasus yang menjerat Kades Lebak Jabung non aktif sehingga hakim bisa memberikan keputusan seadil-adilnya dan yang bersangkutan bisa dibebaskan.

“Harus ada yang menjamin untuk melakukan upaya hukum selanjutnya, bapak-bapak, ibu-ibu siap untuk menjamin Pak Kades? Sekarang mari kita pulang, nanti malam tim kuasa hukum akan ke Desa Lebak Jabung untuk meminta tanda tangan warga sebagai penjamin,” pintanya.

Usai mendengarkan pernyataan Kuasa Hukum, ratusan warga yang sebelumnya datang ke kantor Kejari Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan enam truk dan satu pick up berangsur pulang. Sementara, Kades Lebak Jabung non aktif, Arif Rahman dikawal tim penyidik masuk ke mobil untuk dibawa ke tahanan Mapolres Mojokerto.

Tampak istri Kades Lebak Jabung non aktif bersama keluarganya turut mengantar yang bersangkutan masuk ke dalam mobil dan terlihat keduanya bercengkerama. Namun salah satu keluarga Kades Lebak Jabung non aktif pingsan saat mencoba mendekat ke mobil yang membawa yang bersangkutan

You might also like