Jaksa Periksa Sekdaprov Riau Terkait Korupsi

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau memeriksa Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya, Senin (6/7/2029).  Pemeriksaan terkait dugaan korupsi di Pemkab Siak.

Yan Prana diperiksa di ruang Bagian Pidana Khusus (pidsus) Kejati Riau. Ia dimintai keterangan secara marathon. “Ada dipanggil,” Asisten Pidana Khusus Kejati Riau, Hilman Azazi saat ditanya soal pemeriksaan Yan Prana.

Hanya saja, Hilman mengaku belum mengetahui hasil pemeriksaan Yan Prana Jaya. “Saya cek dulu ya,” kata Hilman lagi.

Ditegaskan Hilman, pemanggilan tidak ada kaitannya dengan jabatan Yan Prana Jaya di Sekdaprov Riau. “Tidak ada disebutkan Sekda ya. Coba tanya yang bersangkutan saja,” ucapnya.

Dijelaskan Hilman lebih lanjut, saat ini pihaknya mengusut dugaan korupsi di sejumlah Dinas di Pemkab Siak. Seperti dugaan penyimpangan di Setdakab Siak, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Terkait dugaan (korupsi) di Siak. Ada di Setda, Bappeda dan BKD,” tutur Hilman yang belum mau membeberkan secara rinci terkait dugaan penyimpangan yang dimaksud.

Yan Prana sendiri diketahui pernah menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Siak. Sebelum menjabat Kepala BKD, jelang Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2018, Yan Prana menjabat sebagai Kepala Bappeda.

Dalam kasus ini, sebelumnya jaksa penyelidik sudah memeriksa Kepala Badan (Kaban) Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Riau, Yurnalis. Pemeriksaan dilakukan Kamis (2/7/2020) lalu.

Yurnalis ketika itu dikonfirmasi wartawan melalui selulernya, tentang kebenaran pemeriksaan terhadap dirinya berkaitan dugaan korupsi di Setdakab Siak, terutama di Bagian Kesra yang dipimpinnya saat itu, membantah. “Mohon maaf, tidak benar itu,” bantahnya.

You might also like