Dalam Operasi Patuh Seulawah 2020, Polisi Periksa Tujuh Jenis Pelanggaran

Pengendara Wajib Pakai Masker dan Jaga Jarak

LHOKSEUMAWE, FORUMKEADILAN.COM – Kepolisian Resor (Polres) Lhokseumawe, Kamis (23/07/2020) pagi, melaksanakan Apel Gelar Pasukan sebagai tanda dimulainya Operasi Patuh Seulawah Tahun 2020. Kegiatan yang juga melibatkan unsur Forkopimda itu berlangsung di halaman Mapolres setempat.

Dalam amanat Kapolda Aceh yang dibacakan oleh Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto menyebutkan bahwa
Operasi Patuh Seulawah 2020 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai sejak tanggal 23 Juli 2020 dan akan berakhir pada 5 Agustus 2020 mendatang.

“Berdasarkan analisa dan evaluasi pelaksanaan operasi tahun 2018 dan 2019 diperoleh data, tingginya angka kecelakaan lalu lintas sangat berkolerasi terhadap jumlah fatalitas korban, baik korban meninggal, luka berat, maupun ringan,” ungkap AKBP Eko Hartanto.

Katanya, Pelaksanaan operasi patuh seulawah 2020 masih dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, oleh karena itu selain melaksanakan sasaran dan pelanggaran prioritas operasi, juga dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Keselamatan dalam berlalu lintas menjadi salah satu perhatian pemerintah dalam mengelola transportasi, hal ini tentunya dapat dilihat dengan adanya penyempurnaan undang-undang dan peraturan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dalam berlalu lintas,” ujar kapolres.

Menurutnya, jenis pelanggaran yang menjadi sasaran prioritas operasi patuh seulawah 2020 yaitu Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan Helm SNI, Pengemudi kendaraan roda empat yang tidak menggunakan sabuk pengaman dan Pengendara yang mengemudikan kendaraannya melebihi batas kecepatan.

Selain itu, polisi juga akan menindak para Pengendara yang mengemudikan kendaraan dalam pengaruh alkohol, Pengendara yang masih dibawah umur, Pengendara yang menggunakan HP saat mengemudi dan Pengendara yang melawan arus lalu lintas.

“Pelaksanaan apel gelar pasukan ini menerapkan protokol kesehatan dan physical distancing dalam rangka mencegah penularan Covid-19 serta mengawali operasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel, atau pun sarana pendukung operasi lainnya,” ucap AKBP Eko Hartanto.

Ditambahkannya, operasi patuh seulawah 2020 dilaksanakan bersamaan dengan momen menyambut hari raya idul adha 1441 hijriah. Untuk itu arus transportasi barang, terumatama Sembako, Bahan Bakar Minyak wajib terjamin kelancarannya. Selain itu masyarakat juga dilarang membuat kegiatan yang dapat menimbulkan keramaian guna menghindari penyebaran Covid-19.

Dalam kegiatan apel pasukan tersebut turut hadir Walikota Lhokseumawe, Bupati Aceh Utara, Dandim 0103/Aceh Utara, Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Aceh, Danden POM I/Iskandar Muda, Danden POMAL, Kadis Perhubungan, Kepala Jasa Raharja Lhokseumawe, Kasat Pol PP/WH, Kadis Kesehatan Lhokseumawe dan Aceh Utara. (54-YU)

Reporter : Iskandar | Lhokseumawe

You might also like