Calon Dirjen Minerba Ada 6 Nama, Calon Dirjen Migas Masih Pendaftaran

Posisi Dirjen Migas dan Minerba di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), belum defenitif. Proses perekrutan di dua posisi itu masih terus berlangsung.

Keterangan diperoleh, Selasa (2/6/2020), untuk posisi Dirjen Minerba, ada enam nama calon yang lolos seleksi administrasi seleksi terbuka.

Pertama, Agung Pribadi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM.

Kedua, Muhamad Priharto Dwinugroho menjabat Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba).

Ketiga, Ridwan Djamaluddin menjabat Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Keempat Sujatmiko menjabat Direktur Pembinaan Pengusahaan Batu Bara Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM.

Kelima Yohannes Yudi Prabangkara menjabat Asisten Deputi Industri Pendukung Infrastuktur.

Terakhir adalah Yunus Saefulhak yang kini menjabat Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM.

Sayangnya para kandidat eggan berkomentar terkait seleksi ini, misalnya saja Yunus Saefulhak. “Maaf yang harus comment panitianya. Saya no comment,” ujar Yunus.

Seperti diketahui Bambang Gatot Ariyono yang sebelumya menjabat sebagai Dirjen Minerba sudah pensiun sejak 1 Mei 2020. Setelah jabatannya kosong Menteri ESDM Arifin Tasrif menunjuk Rida Mulyana Dirjen Ketenagalistrikan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Minerba.

Sementara untuk pengisian lowongan jabatan pimpinan tinggi madya untuk jabatan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) tengah dilakukan. Pembukaan seleksi ini didasari surat Nomor 17.Pm/72/SJN.P/2020 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Ego Syahrial selaku Ketua Panitia Seleksi tertanggal 27 Mei 2020.

Lowongan ini berlaku untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non PNS sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017. Di dalam surat disebutkan ada sepuluh syarat bagi pendaftar non PNS, dan sembilan syarat bagi PNS yang harus dipenuhi.

Pengumuman pendaftaran dimulai sejak 27 Mei 2020 dan berakhir pada 17 Juni 2020. Pendaftaran dilakukan melalui website Kementerian ESDM yakni www.esdm.go.id. “Batas waktu penerimaan berkas lamaran terhitung mulai tanggal 27 Mei 2020 dan berakhir pada 18 Juni 2020,” tulis surat pengumuman.

Kemudian seleksi administrasi oleh sekretariat akan dilakukan pada 19 Juni 2020. Pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan pada 22 Juni 2020. Selanjutnya penulisan makalah pada 23 Juni 2020. Proses selanjutnya, assessment pada 24 Juni 2020 dan tahap terakhirnya adalah wawancara rekam jejak pada 8 Juli 2020.

Sementara Djoko Siswanto yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Migas telah diberhentikan sejak pertengahan tahun lalu. Seteleh berhenti dari Dirjen Migas Djoko menempati posisi Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). Dia malah kembali menduduki posisi Dirjen Migas sebagai Plt. Di awal tahun ini ia kembali di copot dan posisinya d isi oleh Ego Syahrial sebagai Plt, di mana Ego juga merangkap posisi sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM.

You might also like