PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Ustad Bahar Bin Smith Dipindah Ke Lapas Nusakambangan

Bahar bin Smith akhirnya dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu Pulau Nusakambangan. Kabupaten Cilacap. Jawa Tengah, pada Selasa (19/5/2020) malam. Ia sebelumnya ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Kepala Lapas Kelas I Batu Erwedi Supriyatno mengemukakan, Bahar baru tiba di Pelabuhan Penyeberangan Wijayapura, Kabupaten Cilacap, pada Rabu (20/5/2020) pagi.

“Kami baru dapat pemberitahuan (rencana pemindahan Habib Bahar) tengah malam. Pukul 06.00 WIB tadi tiba di Wijayapura, terus menyeberang, sampai Lapas Batu pukul 06.35 WIB,” katanya, Rabu (20/5/2020).

Bahar disebut juga ditempatkan di sel khusus untuk napi berisiko tinggi (high risk). Dia juga ditempatkan dalam satu kamar sendiri tanpa ada napi lainnya.

“Kalau di Lapas Batu ‘one man one cell (satu orang satu sel)’, karena ‘high risk‘. Jadi sendirian (dalam satu kamar),” tegasnya.

Ia mengatakan, proses pemindahan Bahar hingga penerimaan di Lapas Batu telah berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Bahkan, kata dia, pihaknya juga melaksanakan SOP yang berkaitan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Untuk diketahui, pemindahan tersebut dilakukan setelah simpatisan Bahar melakukan gangguan keamanan dan ketertiban saat menggeruduk Lapas Kelas IIA Gunung Sindur.

“Merujuk pada kondisi tersebut, Kalapas Khusus Gunung Sindur telah berkoordinasi dengan Kakanwil Jawa Barat yang selanjutnya disetujui oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan, untuk Habib Bahar bin Smith ditempatkan sementara waktu di Lapas Kelas I Batu Nusakambangan,” ujar Kepala Bagian Humas Ditjen Pemasyarakatan Kemenkumham Rika Apriyanti dalam keterangan di Jakarta, Rabu (20/5/2020).

Pengacara Bahar, Azis Yanuar menilai pemindahan tersebut terkesan berlebihan. Padahal menurut Azis, rombongan jemaah dan santri melakukan aksi tersebut akibat pihak lapas awalnya tidak memberikan izin kuasa hukum untuk menemui Bahar.

“Kemudian karena aksi itu lalu Habib Bahar dipindah ke Nusakambangan dengan alasan massa pendukungnya meresahkan, ini konyol. Karena sebab dari mereka (pihak lapas) akibat ditanggung oleh Habib Bahar,” kata Azis saat dihubungi wartawan, Rabu (20/5/2020).

You might also like