Tgk Sarkawi Mundur dari Jabatan Bupati Bener Meriah

Umumkan Pengunduran Diri di Depan Jamaah Sholat Idul Fitri

Bupati Bener Meriah, Tgk Sarkawi mengumumkan mundur dari jabatannya di depan jemaah Sholat Idul Fitri di Lapangan Masjid Agung Babussalam, Kabupaten Bener Meriah, Minggu (24/5/2020). Sarkawi mundur setelah mempertimbangkan kondisi kesehatannya.

“Abuya Tgk H Sarkawi selaku Bupati Bener Meriah telah menyampaikan secara lisan pengunduran diri dari jabatan sebagai bupati,” kata Kepala Bagian Humas Pemkab Bener Meriah, Wahidi kepada wartawan, Minggu (24/5/2020) siang.

Wahidi mengatakan Sarkawi ingin fokus berobat untuk menyembuhkan penyakitnya. Kondisi kesehatan Sarkawi semakin hari semakin memburuk, khususnya pada bagian tulang belakang.
Sarkawi juga sudah berobat di dalam dan luar negeri, namun belum menunjukkan perubahan yang signifikan. “Maka pada saat ini beliau ingin fokus berobat sembari mengurus pesantren yang beliau miliki,” ujarnya.

Wahidi mengatakan Sarkawi telah menyampaikan pengunduran diri kepada Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah secara lisan. Proses administrasi akan dilakukan setelah libur Idulfitri.

“Sampai surat keputusan pengunduran diri beliau resmi disetujui oleh pejabat yang berwenang, beliau masih akan menjalankan tugas dan kewajiban sepenuhnya sebagai bupati,” katanya.

Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik mengaku belum mengetahui secara pasti kabar pengunduran diri Sarkawi. Ia mengatakan bakal mengonfirmasi kabar tersebut kepada plt gubernur Aceh. “Nanti kami konfirmasi ke (Plt) gubernur Aceh ya,” ujarnya.

You might also like