Polisi Usut Surat Bebas Covid 19 Dengan Minta Keterangan ahli

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Barskrim riksa saksi ahli terkait dengan penyelidikan iklan penjualan Surat Bebas Covid 19 bebas Covid-19. Surat itu sempat ditawarkan di sejumlah marketplace.

“Penyidik saat ini masih melakukan beberapa upaya seperti melakukan pemeriksaan terhadap ahli,” kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat dihubungi Antara di Jakarta, Rabu.

Selain itu, menurut Sigit, penyidik juga masih berkoordinasi dengan pihak marketplace terkait dengan pengusutan kasus ini. Iklan penjualan surat keterangan sehat di marketplace ‎pun sempat menjadi perbincangan warganet setelah viral di media sosial.

Begitu transportasi umum boleh beroperasi kembali selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mewajibkan masyarakat membawa surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan atau menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 sebagai syarat bepergian. Kondisi ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menjual surat keterangan sehat palsu mulai dari harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Kini, iklan penjualan surat tersebut sudah dihapus dari marketplace. Adanya praktik jual beli surat keterangan sehat ternyata tidak hanya terjadi di marketplace. ‎Di Bali, misalnya, surat ini bahkan diperdagangkan di kawasan Pelabuhan Gilimanuk. Tujuh pelaku ditangkap polisi.

 

Kereta Api Indonesia Cek Surat Sehat Penumpang

 

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengungkapkan cara mengecek keaslian surat keterangan bebas Covid 19  penumpang yakni berdasarkan rekomendasi dari tim gabungan.

“Cara kami untuk mengecek keaslian, kami beroperasi dengan tim gabungan dimana di situ ada dari satuan tugas Covid-19 baik di pusat maupun daerah, kemudian ada juga Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan unsur pengamanan dari TNI dan Polri,” ujar Didiek dalam seminar daring di Jakarta, Rabu (20/5).

Didiek lebih lanjut mengatakan, dengan demikian pihaknya mengecek surat sehat itu berdasarkan rekomendasi dari tim gabungan ini, sehingga PT KAI mengadakan daripada sistem yang berlaku.

Dia juga menambahkan, dalam mengoperasikan kereta api ini Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 dari Kementerian Perhubungan, maka dalam pengoperasian pada masa-masa sekarang pihaknya mengoperasikan kereta luar biasa.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan enam perjalanan Kereta Api Luar Biasa (KLB) untuk masyarakat yang dikecualikan di sejumlah rute mulai 12 sampai 31 Mei 2020.

Untuk dapat membeli tiket tersebut, calon penumpang wajib melengkapi persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19. Di antaranya, menunjukkan surat hasil tes negatif Covid-19, surat tugas dari perusahaan, KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah, serta dokumen pendukung lainnya sesuai peraturan.

Jika sudah lengkap, calon penumpang melapor ke Posko Gugus Tugas COVID-19 yang tersedia di stasiun penjualan tiket untuk menyerahkan berkas. Jika sudah diverifikasi, calon penumpang akan mendapatkan surat izin dari Satgas COVID-19 dua rangkap.

Lembar pertama diberikan ke petugas loket saat akan membeli tiket dan lembar kedua ditunjukkan kepada petugas pada saat boarding. Surat Izin tersebut berlaku hanya untuk satu kali perjalanan.

You might also like