PRESIDEN BERGANTI KORUPSI ABADI DUA

Andre Taulany dan Rina Nose Dilaporkan ke Polisi, Gara-gara Pelesetkan Marga Latuconsina

Polda Metro Jaya menerima laporan terkait kasus dugaan pencemaran nama baik yang diduga dilakukan komedian Andre Taulany dan Rina Nose. Keduanya dituding mencemarkan nama baik keluarga besar Latuconsina.

“Memang betul ada laporan masuk kemarin sore. Ada laporan dari seseorang, pekerjaannya advokasi, inisialnya RL (Ruswan Latuconsina). Melaporkan, ada dua yang dilaporkan AT (Andre Taulany) sama R (Rina Nose). Dilaporkan adanya pencemaran nama baik melalui elektronik,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Selasa (19/5/2020).

Dikatakan Yusri, berdasarkan laporan yang dibuat, Andre dan Rina diduga mencemarkan nama baik keluarga besar Latuconsina. “Bahwa, kedua terlapor tersebut pada salah satu acara di televisi, dalam acara Ramadan itu menyinggung nama keluarga besar dari PL (Prilly Latuconsina). Keduanya menyinggung dengan membalikan (memplesetkan) nama PL ini yang kemudian memang dari keluarga ini tidak menerima, merasa dilecehkan oleh kedua terlapor itu,” ungkapnya.

Yusri menyampaikan, polisi selanjutnya akan meneliti laporan itu apakah memenuhi unsur dugaan pencemaran nama baik yang diatur dalam Pasal 27 ayat 3 Juncto Pasal 45 UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 atau tidak.

“Sekarang laporannya sudah kita terima di Polda Metro Jaya. Baru kemarin sore, nanti akan kita teliti dulu laporannya apakah memang sudah memenuhi unsur atau tidak. Kemudian nanti akan penyelidikan. Natinya akan kita memanggil, mengklarifikasi dulu si pelapor bersama beberapa saksi-saksi pelapor yang lain karena ini menyangkut dengan nama besar atau fam dari keluarga besar mereka yang merasa dilecehkan,” katanya.

Menurut Yursi, penyidik juga akan mengklarifikasi Andre dan Rina selaku terlapor, termasuk saksi-saksi ahli. “Kalau sudah semuanya lengkap, nanti baru kita gelar perkara apakah memang memenuhi unsur-unsur pencemaran nama baik yang dipersangkakan oleh pelapor atau tidak,” tandasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, perkara ini bermula ketika Prilly Latuconsina menjadi bintang tamu dalam acara televisi swasta. Andre dan Rina yang juga mengisi program acara itu kemudian memplesetkan nama Latuconsina.

Alhasil, candaan itu berujung laporan polisi karena keluarga besar Latuconsina merasa dicemarkan nama baiknya. Pelapor atas nama Ruswan Latuconsina, menyambangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya untuk membuat laporan, Senin (18/5/2020).

Surat bukti tanda terima laporan itu diketahui beredar di media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram @lambe_turah.

Dalam unggahannya itu, terlihat bahwa laporan itu diterima polisi dengan nomor laporan LP/2880/V/YAN.2.5/2020/SPKT/PMJ, tanggal 18 Mei 2020.

Dalam laporan itu, pihak terlapor yakni Andre Taulany dan Rina Nose. Sedangkan pelapor, yakni Ruswan Latuconsina.

Pasal yang dilaporkan yakni soal dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik, Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dari informasi yang dihimpun, Andre dan Rina dilaporkan berkaitan dengan candaan yang mereka lontarkan dalam sebuah acara televisi. Saat itu, Andre memplesetkan nama Prilly Latuconsina menjadi Prilly Latukondangan. Sedangkan Rina, memplesetkan nama Prilly menjadi Prilly Latukontraksi.

You might also like