Empat Tahun Kepemimpinan Maximiliaan Lomban Walikota Bitung Bersama Maurits Mantiri Wakil Walikota.

Sulawesi Utara/Bitung – forumkeadilan.com. Kurun waktu empat tahun Kota Bitung dinakhodai oleh pasangan Walikota Maximiliaan Jonas Lomban SE, MSi dan Wakil Walikota Ir. Maurits Mantiri, MM, telah mengukir sejumlah preatasi dan mendapat banyak penghargaan di tingkat nasional.

Sejak dilantik oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey empat tahun lalu, tepatnya pada tanggal 30 Maret 2016, pasangan yang mengusung jargon MaMa atau Max – Maurits telah mengharumkan nama Kota Bitung, bahkan Provinsi Sulawesi Utara di mata masyarakat Indonesia.

Baik di bidang Kebersihan, Kesehatan bahkan hingga pada pengelolaan keuangan daerah pun tidak luput dari penghargaan oleh pemerintah pusat maupun oleh pihak swasta.

Dimulai dengan Kebersihan; sejak empat tahun memegang tampuk pemerintahan, oleh pemerintah pusat melalui Kemeterian Lingkungan Hidup, pasangan Lomban-Mantiri terus diganjar dengan piala Adipura di setiap tahunnya. Ini karena dalam penilaian pemerintah pusat pemerintahan MaMa layak untuk mendapat penghargaan tersebut.

Kemudian pada bidang Kesehatan, dalam hal ini terkait Kota Sehat, dimana pada tanggal 28 November 2019, pemerintah Republik Indonesia melalui kementerian Kesehatan menyerahkan penghargaan Swastisaba Wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi dalam penilaian Kota Sehat dan diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, yang kala itu dijabat oleh Prof. DR. dr. Nila Djuwita Moeloek, SpM. K di ruang Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, dan bagi kota Bitung penghargaan tersebut adalah untuk yang ke enam kalinya.

Penghargaan selanjutnya yang diterima oleh kota Bitung di selang 4 tahun kepemimpinan Lomban – Mantiri yaitu tiga kali secara berturut-turut menerima penghargaan Kota Layak Anak, dimana yang terakhir penghargaan diserahkan oleh Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Prof. Dr Yohana Susana Yembise dan diterima langsung oleh Walikota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban pada hari Selasa 23 Juli 2019 yang lalu di Makassar.

Walikota/Wakil Walikota Bitung, Maximiliaan J. Lomban dan Maurits Mantiri

Kemudian, masih di tahun 2019, tepatnya pada tanggal 27 Mei 2019, Pemerintah Kota Bitung kembali berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP untuk yang ke delapan kalinya secara berturut-turut.

Penilaian ini sendiri dilakukan Oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia dan tidak ada intervensi dari pihak manapun. Dan terbukti, oleh BPK menyatakan pengelolaan Keuangan pemerintah kota Bitung dibawah kepemimpinan Lomban – Mantiri layak untuk mendapat opini WTP.

Prestasi selanjutnya yang berhasil ditorehkan oleh pemerintahan MaMa yaitu Peringkat Ketiga Sanitasi Award yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Bitung Dr. Audy Pangemanan AP. MSi pada tanggal 1 April 2019. Selanjutnya di bidang ketenagakerjaan; Walikota Bitung Max Lomban berhasil membuat hampir seluruh pemerintahan di seluruh daerah di Indonesia terpukau.

Pasalnya, dengan program “Tali Kasih” yang dicetuskan oleh Walikota berhasil membawa Kota Bitung meraih peringkat pertama Penghargaan Anugerah Paritrana yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, H. Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden RI pada tanggal 3 Juli 2019, dengan menyisihkan dua daerah pesaingnya yaitu Kota Tanjung Pinang dan Kota Makassar.

Sebagaimana diketahui, program Tali Kasih ini adalah program pemerintah kota Bitung untuk memberikan jaminan sosial ketenagakerjaan, dan telah menginspirasi sejumlah daerah di Indonesia sekaligus datang belajar soal program ini di Kota Bitung.

Selanjutnya, selain segudang keberhasilan, pemerintahan Max – Maurits juga berhasil menggelar sejumlah kegiatan. Diantaranya program tahunan Festival Pesona Selat Lembeh yang digelar setiap bulan Oktober, kemudian di bidang Keagamaan, pemerintahan MaMa juga ikut memberikan dukungan. Diantaranya saat Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri MM membuka kegiatan Musyawarah Besar Ke IX Gereja Pantekosta Kharismatika di Indonesia, dimana saat itu Mantiri membunyikan Tetengkoren sebagai tanda kegiatan tersebut.

Dan yang kelima. Semoga di tahun terakhir periode kepemimpinan MaMa tetap akan dibanjiri dengan prestasi-prestasi gemilang lainnya untuk kemajuan kota Bitung tercinta. Demikian liputan khusus Empat Tahun Kepemimpinan Walikota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban, SE MSi dan Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM.(Herry Dumais/Adv)

You might also like