Bersama Lawan Corona, KCN Edukasi dan Bantu Warga Cilincing

 

Jakarta- Badan Usaha Pelabuhan PT Karya Citra Nusantara (KCN) yang beroperasi di kawasan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, kembali menunjukkan kepeduliannya dalam upaya bersama melawan virus corona (Covid-19). Aksi nyata itu ditunjukkan melalui edukasi kepada masyarakat setempat agar betul-betul memahami apa itu corona. Bagaimana cara penularannya, serta bagaimana cara mencegah penularannya virus yang kini sudah menjangkiti 1 juta manusia itu. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan KCN Bella Mardiana di Posko Gugus Covid-19 Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jumat (3/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bella juga mengajak mari kita bersama dalam satu barisan untuk menolak virus itu menjadi wabah. “kita harus bersama sama dalam satu barisan untuk mencegah agar virus itu tidak menjadi wabag”, ungkapnya saat memberikan sambutan singkat di hadapan sejumlah pemangku kepentingan di wilayah DKI Jakarta khususnya Jakarta Utara.

Keegiatan saat membantu warga

Dalam kesempatan itu, hadir antara lain, Ali Wawan Asminra (Ketua Gugus Covid-19 Jakarta Utara), H. Iyan Sofian Hadi (Kasuban Kesbangpol Pemkot Jakarta Utara), Ridwan (Sekretaris Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta), Huda (FKDM Jakarta Utara), Letkol Bandono (Kepala BIN Daerah Jakarta Utara), Sidik (Dewan Kota Jakarta Utara), serta Ani Yulianti (Ketua Yayasan Rumah Kreasi Cahaya Hati).

Bella melanjutkan, kepedulian KCN tersebut merupakan tanggung jawab sosial perusahaan, yang senantiasa berkomitmen kuat untuk selalu menjadi bagian dari masyarakat itu sendiri. Terutama masyarakat di sekitar wilayah operasi KCN, yakni Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

“Hal ini juga sejalan dengan kebijakan dan arahan Kementerian BUMN agar seluruh perusahaan bergandengan tangan melawan corona,” ujar Bella.

Dalam melakukan edukasi corona dan pencegahannya, KCN juga menggandeng pihak terkait untuk ikut bersinergi. Dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Pemkot Jakarta Utara beserta sejumlah tokoh masyarakat, untuk kerja bersama melayani masyarakat terutama di akar rumput yang tergolong pra-sejahtera. Termasuk mengajak Rumah Kreasi Cahaya Hati (RKCH) yang sejak 2014 lalu telah berfokus kepada gerakan-gerakan kemanusiaan untuk kelompok disabilitas, lansia, serta ibu dan anak di wilayah Cilincing.

Pelibatan semua pihak terkait ini juga selaras dengan komitmen KCN dengan tagar #KCNMEMBANGUNNEGERI sekaligus menyambut ajakan Gubernur DKI Jakarta untuk bersama memerangi wabah corona dengan tagar #JakartaKolaborasi.

Untuk diketahuia bahwa KCN, mulai 3-5 April 2020, KCN bersama RKCH dengan didampingi sejumlah aparat Pemprov DKI serta pihak keamanan terkait akan secara door to door membagikan sejumlah paket bantuan dan bingkisan berupa alat bantu kesehatan, susu, dan biskuit serta materi-materi pengenalan bahaya corona di tiga kelurahan di Kecamatan Cilincing yakni Marunda, Kalibaru, dan Cilincing.

Menurut Bella, cara door to door ini dipilih sebagai dukungan KCN untuk mematuhi maklumat Kapolri terkait larangan berkumpul, sekaligus upaya menjemput bola bagi kalangan pra sejahtera agar lebih efektif dan tepat sasaran.

Selain melakukan sosialisasi dengan membagikan information kit dan tetap mengindahkan human distancing (jaga jarak aman), KCN turut membagikan sejumlah alat bantuan suplemen kesehatan berupa hand sanitizer produksi Antis sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan, multivitamin (Therabex), biskuit bergizi tinggi, serta susu UHT.

“Harapannya, itu semua dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan bahaya corona sekaligus dapat sedikit meringankan beban masyarakat selama darurat kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.”

Bella menambahkan, bantuan kali ini merupakan tahap pertama. Selanjutnya, KCN berharap dapat segera menyiapkan beragam stok tambahan untuk penyaluran bantuan di tahap berikutnya. Penyaluran bantuan akan kembali dilaksanakan sambil melihat situasi dan kondisi ke depan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

 

“Untuk masyarakat Marunda saat ini, tahap I sebanyak 450 KK dari rencana 2000 KK di mana sebelumnya KCN telah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, KSOP Kelas IV Marunda dengan melaksanakan suntik vitamin C, pemberian masker kepada 400 orang karyawan, pengguna jasa, Polsek Cilincing maupun Polres Jakarta Utara,” beber Bella.

 

Selain bantuan langsung kepada masyarakat, KCN juga menunjukkan dukungannya kepada tim medis dan relawan di RSUD Koja dengan memesan APD (Alat Pelindung Diri) dan masker serta buah segar dengan kandungan vitamin C. “Dimana tahap I telah kami salurkan 110 kg buah pear. Sedangkan APD dan masker masih dalam tahap pemesanan,” kata Bella.

Terakhir, sambung Bella, KCN memastikan perusahaan tetap akan berupaya memberikan pelayanan maksimal bagi seluruh masyarakat di sekitar sebagai wujud tanggung jawab sosial KCN kepada warga Cilincing.

Sementara itu, Ketua Gugus Covid-19 Jakarta Utara, Ali Wawan Asminra dan Kasuban Kesbangpol Pemkot Jakarta Utara H. Iyan Sofian Hadi, dalam kesempatan sama juga mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak KCN yang telah bersedia ikut membantu pemerintah dalam upaya memerangi virus corona. (abdul farid)

You might also like