Mendagri Sebut Kebijakan ASN Bekerja dari Rumah juga Berlaku di Daerah

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyatakan, kebijakan kerja dari rumah untuk aparatur sipil negara (ASN) juga berlaku untuk ASN yang ada di daerah. Langkah ini sebagai upaya untuk mengantisipasi sebaran virus corona.

“Sudah ada kebijakan dari Kemenpan dan Bapak Presiden sudah menyampaikan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat melaksanakan bekerja dari rumah. Kebijakan ini juga berlaku ASN di tingkat daerah untuk bekerja dari rumah,” kata Tito dalam konferensi pers di kantor pusat BNPB, Jakarta, kemarin.

Dia mengatakan, pelaksanaan kerja di tiap-tiap daerah akan diserahkan pada kepala daerah. “Namun seperti apa pelaksanaannya di tiap-tiap daerah diserahkan pada kreativitas dan inovasi tiap kepala daerah. Ini tidak berarti kegiatan ini libur, tidak,” katanya.

Dia mengatakan, dengan kebijakan ini maka pekerjaan tetap berjalan dengan sarana komunikasi. Tujuannya untuk menjaga jarak.

Tito menyerahkan cara komunikasi dengan PNS diserahkan kepada kepala daerah masing-masing. Namun, dia meminta agar layanan publik tetap jalan.

“Dan paling utama pelayanan publik harus tetap berjalan baik pelayanan publik sehari-hari misalnya Dukcapil, dokumen kependudukan maupun bidang-bidang lain dan yang paling penting juga meskipun kerja di rumah tetap menyiapkan logistik yang cukup untuk di daerah masing-masing,” terangnya.

Pemerintah mengumumkan secara resmi bahwa aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) bekerja dari rumah (work from home). Kebijakan tersebut dilakukan hingga 31 Maret 2020.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan, kebijakan tersebut akan dievaluasi kemudian. “Pelaksanaan tugas kedinasan di tempat tinggal sebagaimana dimaksud dilakukan sampai dengan 31 Maret dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan,” kata dia dalam, Senin (16/3/2020).

Kebijakan ASN kerja dari rumah diputuskan seiring dikeluarkannya Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Nantinya pimpinan masing-masing instansi pemerintah, baik kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda) akan mengevaluasi sistem kerja dari rumah bagi ASN.

You might also like