Kapolda Metro Jaya Apresiasi Polres Jakbar, Perampok Toko Mas Berhasil Dilumpuhkan

Jakarta – Forumkeadilan.com. Kapolda Metro Jaya Apresiasi Polres Metro Jakarta Barat yang berhasil Meringkus Perampok Toko Emas . Polres Metro Jakarta Barat meringkus perampok toko Emas Cantik, di pasar Pecak Kulit Jalan Pangeran Jayakarta, Tamansari, Jakarta Barat. Pelaku ditangkap 2×24 jam setelah peristiwa perampokan itu terjadi pada Jumat (28/2/2020) kemarin.

yang aksi perampokan tersebut. Pasalnya, pelaku nekat menembak kaki seorang petugas kebersihan bernama Kuhan. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, selain dikenakan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, Willy Susetya (67) juga akan dikenakan pasal UU darurat.

Pasalnya, saat ditangkap polisi menemukan senjata api ilegal di rumah kediaman Willy di Kota Indah, Pangeran Jayakarta, Tamansari, Jakarta Barat. “Ada empat senjata api bukan rakitan dengan kaliber 32. Peredam, pure arm, pegangan dan semuanya asli,” ujarnya Rabu Polres Metro Jakarta Barat (4/3/2020).

Senjata api itu didapat dari teman Willy bernama Cecep di daerah Banten pada tahun 1993 dan 1995. Namun, Willy sekarang tidak pernah lagi berhubungan atau komunikasi dengan Cecep. “Barbuk lain peluru kaliber 22,9 mili dan 38 ini pelurru ini di dapat juga dari Cecep,” tegasnya.Hingga kini polisi masih terus melakukan penyelidikan terhadap kepemilikan senjata api. Pasalnya, pihaknya menduga ada jual beli senjata ilegal yang dilakukan oleh Willy. Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat menembak kaki perampok toko emas Cantik.

Gelar barang bukti (Dok Humas Polda Metro Jaya)

Pelaku bernama Willy ini melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap polisi pada Selasa (3/3/2020) malam.Polres Metro Jakarta Barat meringkus perampok toko Emas Cantik, di pasar Pecak Kulit Jalan Pangeran Jayakarta, Tamansari, Jakarta Barat. Pelaku ditangkap 2×24 jam setelah peristiwa perampokan itu terjadi pada Jumat (28/2/2020) kemarin. Pelaku terpaksa ditembak bagian kakinya karena berusaha melawan ketika hendak ditangkap oleh polisi.”Memang kasus ini cukup viral baik di media sosial maupun di media massa,” ujarnya.

Nana menjelaskan, awalnya pelaku datang seorang diri mengendarai sepeda motor Honda Beat. Setelah berhenti, pelaku m bernama Willy Susatya (67) warga Kota Indah, Pinangsia Tamansari, Jakarta Barat menuju toko emas dan mengambil kursi.”Tiba-tiba lansgung naik etalase sebetulnya ada 2 pelayan toko berinisial N dan H. Pelaku menyampaikan ingin merampok,” tegas dia.

Selanjutnya, pelaku menguras isi etalase sebanyak 3 kg emas berbagai macam dengan komposisi 70 persen mas murni. Pelaku menembakan lampu, saat keluar dihalangi dan menembak Kuhan. “Ini gabungan antara Polres Jakarta Barat dengan Polsek Tamansari dipimpin kasat Reskrim Kompol Teuku Arsya Khadafi,” tuturnya. Pelaku dikenakan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Gelar barang bukti (Dok Humas Polda Metro Jaya)

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi menjelaskan, saat pihaknya menangkap pelaku, anggotanya sempat berusaha diserang oleh Willy Susatya pad Selasa (3/3/2020).Akhirnya, pelaku terpaksa dihadiahi timah panas oleh Polres Metro Jakarta Barat. Setelah tumbang, polisi membawanya ke Rumah Sakit untuk mendapatkan perawatan medis.”Pelaku ini sempat tidak mengakui perbuatannya, tiba-tiba dia mau menyerang petugas,” ungkapnya.Arsya melanjutkan, usai dari rumah sakit, pihaknya membawa pelaku ke rumahnya untuk mencari barang bukti emas.

Pelaku sempat tidak mau memberi tahu di mana lokasi penyimpanan emas tersebut.”Kami lakukan penggeledahan rumahnya pertama itu tidak ditemukan,” terang dia. Karena penasaran, pihaknya kembali melakukan penggeledahan sekali lagi di rumah Willy. Akhirnya barang bukti tersebut ditemukan anggota Polres Metro Jakarta Barat.

“Jadi setelah kita geledah kedua kalinya pelaku ternyata menyimpan di loteng atau di platform rumahnya,” ungkap dia. Di atas platform itu juga ada senjata api ilegal milik tersangka yang disimpan sejak lama.Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Barat menembak kaki perampok toko emas Cantik, Pasar Pecak Kulit, Pangeran Jayakarta, Tamansari, Jakarta Barat. Pelaku membawa kabur sebanyak 3 kg emas berbagai jenis. Rencananya emas tersebut akan dilebur oleh pelaku sebelum di jual kepada toko emas lainnya. Namun pelaku tidak tahu caranya melebur meski sudah memiliki alatnya. (Ipah Musrifah)

You might also like