KPU Bitung Minta Bantuan Pengamanan Untuk Pilwako Bitung dan Pilgub Sulut 2020

Bitung-forumkeadilan.com. Kendati pesta demokrasi lokal atau Pemilukada di tujuh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut) baru akan digelar pada September 2020, namun berbagai persiapan matang setidaknya sudah harus dilakukan sejak dini oleh setiap KPU di masing-masing Kabupaten/Kota di Sulut.

Soal persiapan matang ini, tak dipungkiri bahwa semua KPU yang pada tahun ini yang mendapat giliran sebagai pelaksana Pemilukada diantaranya kota Manado, Bitung, Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan serta Pilgub Sulut dilangsungkan di waktu yang sama, tentunya sudah melakukan persiapan sematang mungkin.

KPU kota Bitung misalnya, sejak terbentuknya struktur kepemimpinan lembaga KPU kota Bitung, pada 2019 lalu, sejak itu pula KPU kota Bitung, mulai melakukan persiapan matang dari berbagai hal guna untuk melancarkan berbagai tugas kerja sesuai dengan tupoksinya. Pelan tapi pasti bahwa beragam tugas kerja itu mulai terjawab dengan hasil yang maksimal dan memuaskan. Mau bukti, coba ingat acara launching KPU kota Bitung, awal Februari 2020. Tak hanya seorang Maximiliaan J. Lomban, Walikota kota Bitung, yang merasa senang dan bangga atas

terlaksananya acara itu yang dikemas secara baik dan profesional. Para tamu undangan yang hadir terutama perwakilan dari KPU RI, KPU Provinsi Sulut, Forkopimda serta masyarakat juga turut merasa puas dengan kemeriahkan acara lunching KPU kota Bitung tersebut.

Rasanya tidak berlebihan jika dibilang acara lunching yang digagas KPU kota Bitung, itu menjadi bagian dari kegiatan acara lainnya yang pernah diadakan KPU kota Bitung, dan berakhir sukses.

Sekertaris KPU kota Bitung, Poula Ezra Toturoong, SE, MAP.

Lantas, menjelang perhelatan Pilwako kota Bitung dan Pilgub Sulut, pada 23 September 2020, persiapan apa saja yang sudah dan akan dilakukan KPU kota Bitung. Ditemui di ruang kerjanya, Sekertaris KPU kota Bitung, Poula Ezra Toturoong, SE, MAP, mengatakan bahwa dengan sisa waktu tinggal tujuh bulan lagi Pilwako kota Bitung dan Pilgub Sulut, akan digelar maka pihaknya kini lebih meningkatkan perhatian kerjanya pada masing-masing bidang kerja yang sudah menjadi tanggung jawab setiap personil KPU kota Bitung.

“Pokonya dalam sisa waktu tujuh bulan ke depan, kita harus ekstra kerja. Pekerjaan yang paling dekat ini yakni kita harus rampungkan jadwal waktu untuk lakukan tahapan dan sosialisasi Pemilukada terhadap masyarakat di kota Bitung. Selain itu ada lagi tugas kerja yang tak kalah penting seperti menyusun waktu dan jadwal kampanye bagi semua bakal calon Walikota/Wakil Walikota. Kemudian pembentukan PPK dan PPS sampai pada persoalan pengamanan Pemilukada nanti,”urainya dengan nada semangat.

Dia melanjutkan, sebetulnya porsi kerjanya tidak hanya itu saja, masih ada lagi tugas kerja lainnya yang harus diselesaikan sebelum tiba saat Pilwako kota Bitung dan Pilgub Sulut dilangsungkan. “Sekarang ini kami sedang membuat surat permohonan bantuan pengamanan dari Polres kota Bitung. Maksud dari surat itu yakni Polres kota Bitung, dapat melakukan pengamanan pada setiap personil KPU baik untuk Ketua KPU, anggota Komisioner KPU serta pada kegiatan acara yang akan diadakan oleh KPU kota Bitung,”jelasnya.

Menurutnya, pengawalan pengamanan bagi ketua KPU dan para Komisioner serta jajarannya, sudah harus dilakukan oleh pihak Polres, mengingat baik ketua dan para komisioner sering menghadiri kegiatan acara KPU kota Bitung, baik diadakan di dalam atau di luar gedung kantor KPU.

“Pengawalan keamanan ini amat penting dilakukan oleh pihak kepolisian. Tentunya kita tak ingin terjadi suatu hal yang diluar dugaan. Jadi langkah preventif ini harus dilakukan sekedar untuk menjaga hal-hal yang bakal terjadi yang tidak kita inginkan bersama,”paparnya.

Seperti sekarag ini, sambungnya, KPU kota Bitung, sedang melakukan pembentukan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS). Pada kegiatan itu sentuhan pengamanan dari pihak kepolisian sangat diperlukan, mengigat kegiatan itu dihadiri oleh ketua KPU dan anggota komisioner dan jajarannya.

“Sebagai sekertaris KPU kota Bitung, tentunya sangat berharap sekali bahwa persiapan KPU kota Bitung, untuk menyambut pelaksanaan Pilwako kota Bitung dan Pilgub Sulut, pada 23 September 2020, berbagai tugas kerja kita dapat terselesaikan dengan baik. Sehingga dalam perhelatan Pilwako dan Pilgub pada September mendatang, dapat berakhir dengan aman, jujur, adil dan sukses. (herry dumais)

You might also like