Gelar Harkonas 2020, Rolas Sitinjak: BPKN Berupaya Bangun Integritas Perlindungan Konsumen

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

 

ForumKeadilan.com – Upaya pemberdayaan konsumen merupakan perjalanan yang panjang dan melibatkan pemangku kepentingan yang luas. Demikian sebagaimana diungkapkan Wakil Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Rolas Sitinjak saat meluncurkan Hari Konsumen Nasional 2020 di Surabaya, Jumat (31/1).

Dalam menyambut peringatan Harkonas 2020, BPKN berupaya membangun integritas perlindungan konsumen melalui peningkatan kesadaran konsumen, pemahaman hak dan kewajiban mereka.

Menurut Rolas, dibutuhkan energi guna menjaga momentum para pemangku kepentingan agar selalu memiliki komitmen yang tinggi dalam melindungi konsumen. “Diperingatinya Hari Konsumen setiap 20 April dan Hari Konsumen Dunia setiap 15 Maret agar selalu ingat dan berkomitmen dalam melindungi dan memberdayakan konsumen,” ujarnya.

Dalam Harkonas kali ini, ungkap Rolas, BPKN juga akan menggandeng Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Upaya membangun integritas perlindungan konsumen tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri, melainkan perlu visi, kolaborasi, dan langkah aksi bersama.

Rolas mengatakan bahwa pada Hakornas 2020, konsumen diingatkan untuk membangun kesadaran atas hak-haknya. Kemudian yang kedua, pemerintah dan pemerintah daerah atas penyelenggaraan perlindungan konsumen sebagai penanggung jawab penyelenggaraan perlindungan konsumen.

“Ketiga, pelaku usaha harus jujur, bertanggung jawab sebagaimana diatur dalam Pasal 7 UU Nomor 8 tentang Perlindungan Konsumen Tahun 1999. Keempat, lembaga perlindungan konsumen lainnya seperti BPKN diingatkan apa saja tugas dan tanggung jawabnya dalam rangka perlindungan konsumen, demikian juga masyarakat yang terhimpun dalam LPKSM (Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat,” papar pria yang kerap menjadi saksi ahli dalam persidangan terkait konsumen.

Your ads will be inserted here by

Easy Plugin for AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot.

Di samping itu, kegiatan Harkonas 2020 turut melibatkan konsumen, pelaku usaha, pemerintah dan media massa. Sedangkan rangkaian acaranya meliputi donor darah, lomba menggambar dan Vlog, edukasi perlindungan konsumen dan layanan klinik konsultasi di pusat perbelanjaan dan kampus di beberapa kota di Indonesia.

Terdapat juga Pekan Diskon yang akan diramaikan pelaku usaha online dan offline. Kemudian, pada 29 Maret 2020 rencananya digelar pula Fun Walk 5km, gerak jalan sehat yang diikuti oleh 1.000 peserta di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya.

“Ada juga pameran edukasi konsumen yang rencananya diisi 120 booth peserta dari kementerian atau lembaga negara dan juga asosiasi, dan 20 booth dengan peserta oleh UMKM,” terang kata advokat peraih gelar doctor bidang hukum dari Universitas Trisakti Jakarta ini.

Presiden RI, Joko Widodo direncanakan untuk membuka acara puncak Harkonas 2020 yang dijadwalkan berlangsung 30 Maret di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya. Pada pembukaan ini, akan hadir sekitar 4.000 tamu undangan.

“Ada penyerahan penghargaan pemerintah daerah peduli perlindungan konsumen, peluncuran SiPENA (Sistem Penanganan Pengaduan Nasional), kunjungan pameran, dan hiburan,” kata Rolas.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Koordinator Komunikasi dan Edukasi BPKN, Arief Safari mengutarakan bahwa perlindungan konsumen dapat menjadi arus utama langkah pembangunan lintas sektor dan wilayah dalam membangun percaya diri pasar bertransaksi sebagai tujuan bersama pembangunan.

“Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang diharapkan terwujud pada 2045 diproyeksikan menjadi USD7 triliun, nilai ini yang menjadi benchmark bagi sektor dan wilayah dalam langkah-langkah program dan kegiatan pembangunannya,” ucap Arief.

You might also like