Klinik Suntik Stem Cell Ilegal Digerebeg Polda Metro Jaya

 

Jakarta. Forum keadilan.com. Penyidik Subdit I Kamneg Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Metro Jaya menggerebek sebuah klinik kedokteran di HUBSCH Clinic Ruko Belllepoint, Jakarta Selatan,Sabtu(11/1) lalu. Dalam aksinya, pelaku melayani suntik sel atau injeksi stem cell secara ilegal.

Menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana didampingi Dir Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Suyudi Ario Seto, Kabid Humas Polda Metro Kombes Pol Yusri Yunus dan pihak Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Badan POM

dari penggerebekan itu penyidik mengamankan tiga pelaku berinisial
Dr. OH (66), YW (46), dan LJP (47). “Mereka tidak memiliki ijin praktik yang melakukan penyuntikan stem cell dan tidak memiliki Ijin edar dengan menggunakan alat farmasi yang tidak sesuai dengan standar ketentuan,” Kata Nana mantan Kapolda NTB kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (16/1/2020).

Nana Sudjana menuturkan, para pelaku diketahui menjual sel punca merk Kintaro di Indonesia tanpa ijin resmi dan ijin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).Menurut Nana, banyak pasien yang datang ke tempat kliniknya.Salah seorang berinsial Dr OH spesialis dokter umun ini berperan menyuntuikan cairan ke pasien.

Koferensi pers di Polda Metro Jaya

 

“Ada dokter umum yang tidak memiliki ijin resmi dari Kementerian
Kesehatan untuk melakukan terapi stem cell pada pasien yang datang klinik, fasilitas kesehatan yang digunakan di klinik tidak memiliki ijin resmi dari Kemenkes,” ungkapnya.

Akibatnya, ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 204 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 75 ayat (1), Pasal 76 UU RI No. 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, dan atau Pasal 201 jo Pasal 197 jo Pasal 198 jo Pasal 108 UU RI No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan atau Pasal 8 ayat (1) huruf a UU RI No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen jo Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 15 tahun atau denda Rp1,5 miliar.

(Ipah Musrifah )

You might also like