Jelang Pilgub dan Pilwako, Bawaslu Bitung Ingatkan Pers Agar Independen

Bitung – forumkeadilan.com. Kalau tidak keliru, setidaknya ada tujuh Kabupaten/Kota ditambah Provinsi Sulawesi Utara, pada 2020 ini akan melangsungkan pesta demokrasi lokal yakni pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati serta Walikota/Wakil Walikota. Seperti biasa atau sebelum momen itu tiba, baik KPU atau Bawaslu Provisi, Kabupaten atau Kota misalnya, kerap melakukan berbagai kegaiatan terutama sosialisasi baik dengan masyarakat secara langsung atau pada momen yang lain mengundang para nara sumber yang punya kompetensi untuk sekedar memberikan pemahaman tentang substansi Pilkada itu sendiri agar pada saatmya dapat berjalan jujur, adil, bebas dan rahasia.

Kesempatan ini juga rupanya dimanfaatkan sekaligus menjadi misi penting bagi Bawaslu kota Bitung, Sulawesi Utara, yang telah menggelar acara Family Ghatering bersama insan pers, Sabtu (28/12/19). Acara yang dilangsungkan di salah satu hotel kota Bitung, itu menghadirkan dua orang nara sumber yakni Patria Pombengi dan Ferdy Pangalila, yang keduanya termasuk jurnalis senior, didampingi Sammy Ramambi, salah satu komisioner Bawaslu kota Bitung, yang pada acara itu sebagai moderator.

Selanjutnya sebagai substansi acara itu Bawaslu kota Bitung, mengusung tema yakni, “dalam rangka memuambut pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota tahun 2020”. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk membangun sinergitas antara Bawaslu dan awak media di kota Bitung.

Terkait peran media massa pada Pilkada tahun 2020, Patria Pombengi menuturkan, rekan media dalam menjalankan tugas jurnalis agar tetap dalam koridor dan menjunjung tinggi kode etik, independen dan jangan sampai tergadaikan. Kedua, dalam mewartakan berita sebisanya memberikan support dan oponi yang jujur sesuai dengan fakta dilapangan serta jangan berandai-andai.

Bawaslu Kota Bitung thn sdg buat acara family gathering dgn para awak mdia jlang pilgub sulut dan pilwako kota bitung thn 2020 (Herry Dumais) 

“Selain itu pers juga sebagai fungsi informasi kepada masyarakat harus dapat memberikan sajian-sajian berita yang benar, jujur, adil dan independen. Hal ini penting terutama untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar mengenai tahapan Pilkada baik untuk masyarakat, golongan TNI dan ASN. Jadi secara implisit peran pers disini harus benar-benar menjalankan fungsi kontrolnya. Harus netral dan tidak boleh mendukung salah satu calon sekalipun incumbent,” tutur Pombengi menjelaskan.

Dia juga berharap insan pers dalam menjalankan tugasnya selalu berinisiatif hingga tidak tercipta kesan monoton, meski disisi lain ada beban pekerjaan yang dituntut oleh kantor. “Sebagai wartawan tentunya sudah dibekali dengan kemampuan sesuai dengan profesi. Kita jalani saja dengan hikmat dan jadilah wartawan yang baik dan bertaqwa kepada Tuhan. Jalanilah itu maka kiya pasti disegani dan dihargai,”katanya.

Sementara nara sumber lainnya, Ferdy Pangalila dalam paparannya lebih menekankan soal asas keterbukaan publik tanpa ada kesan diawasi. Menurutnya, media memiliki peran aktif dan ikut serta demi pembangunan kearah yang lebih baik. Salah satunya dengan mewujudkan pemilu yang berintegritas dan kredibilitas yang berasaskan langsung, umum, bebas dan rahasia. Pers juga harus independen dan jangan memihak salah satu calon kepala daerah. Jadilah pers yang memberikan informasi yang jujur,” katanya mengingatkan.

Usai berikan paparan dari kedua nara sumber tersebut, selanjutnya Sammy Rumambi mengatakan bahwa tujuan dari acara Family Ghatering bersama insan pers ini adalah untuk bersama-sama dengan media dalam melakukan tahapan penyelanggaraan pemilihan kepala daerah khususnya Pilwako kota Bitung pada 2020. “Kita mau melakukan persepsi baik dari regulasi maupun dari pelaksanaan, karena kerjasama dengan media merupakan salah satu bagian dari Bawaslu kota Bitung. Kita berharap dalam pelaksanaan pemilu, nantinya dapat mewujudkan pemilihan yang
bersih, jauh dari hoax serta menghasilkan pilkada yang adil dan jujur,”pungkasnya. (herry dumais)

You might also like