12.131 Prajurit TNI Dikerahkan Amankan KTT ASEAN

Pangkogabwilhan II Marsdya Andyawan Martono. | Puspen TNI
Pangkogabwilhan II Marsdya Andyawan Martono. | Puspen TNI

FORUM KEADILAN – Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) mengerahkan 12.131 prajurit TNI guna mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sesuai dengan perintah Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, prajurit akan menjalankan tugas pokok pengamanan ketat kepada para kepala negara serta delegasi yang mengikuti KTT ASEAN.

Bacaan Lainnya

Pangkogabwilhan II, Marsdya Andyawan Martono selaku Pangkogabpadpam VVIP mengatakan, pihaknya telah melaksanakan apel kesiapan. Saat ini prajurit sudah berada di posisi lokasi pengamanan, baik di ring satu, dua, dan tiga.

“Kita persiapan cukup lama. Kita siapkan mulai dari masalah teknis sampai puncak yang akan kita laksanakan,” kata Andyawan di Labuan Bajo NTT, Senin, 8/5.

“Kemarin apel kesiapan satuan dan hari ini melaksanakan pengecekan langsung ke lapangan, baik itu pasukan yang insert di lapangan di ring satu, dua, maupun tiga,” ucapnya.

Andyawan menjelaskan, pihaknya telah berkomunikasi dan bersinergi dengan Polri, kementerian lain seperti  BIN dan pemerintah daerah agar event internasional ini dapat berjalan lancar.

“Saya mengucapkan terima kasih dukungan masyarakat yang sudah saling menjaga keamanan pelaksanaan kegiatan ini,” tuturnya.*