Ribuan Warga Banjiri Bakti Sosial Korps Binmas Baharkam Polri Di Sampang Madura

 

Forumkeadilan.com-Sampang – Senyum merekah terpancar dari ribuan warga Sampang, Madura. Siang ini, masyarakat berkesempatan untuk berobat dan mendapatkan sembako secara gratis.

Pantauan Forum ada ribuan warga yang sedang mengikuti Program Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan yang digagas oleh Korps Binmas Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri tersebut. Kabaharkam Polri Komjen Pol. Firli Bahuri yang didampingi oleh Kakorbinmas, Irjen Pol. Herry Wibowo mengatakan pihaknya ingin mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia yang unggul.

“Baksos ini untuk mendukung percepatan, mewujudkan Indonesia itu Indonesia yang maju dan sumber daya manusia itu yang unggul. Salah satu pilarnya tentunya melalui kesehatan dan pendidikan, tentu Polri menangkap agenda nasional tersebut. Maka kami atas perintah Bapak Kapolri kemudian melaksanakan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan di beberapa daerah,” papar Firli usai baksos di wilayah Kab Sampang, Madura, Jumat (13/12/2019).

Kabaharkam Polri Komjen Pol. Firli Bahuri didampingi oleh Kakorbinmas, Irjen Pol. Herry Wibowo menjawab pertanyaan sejumlah wartawan

Lalu, mengapa Sampang dipilih menjadi lokasi baksos? Firli menyebut ada beberapa data yang membuat Sampang dinilai cocok. Salah satunya, angka kemiskinan di sini masih cukup tinggi.

“Tidak hanya di Jawa Timur, kebetulan hari ini kita mengambil tempat di Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Karena pertama didorong dari data yang kita punya, angka kemiskinan yang masih tinggi walaupun angka pengangguran sangat rendah,” ungkap Firli.

“Sampang itu penganggurannya cuma 2,42% itu rendah banget nasional kan berkisar sekitar 5,1% terus angka pembangunan manusia 6,1 ini bagus terus ada juga kita lihat dari angka rasio itu bagus 0,242. Nasional 0,37,” imbuhnya.

Selain itu, Firli menyebut total ada enam indikator yang membuat pihaknya memilih Sampang menjadi lokasi baksos ini. Enam indikator ini diambil dari data kesejahteraan.

“Pemilihan wilayah tadi dari data kesejahteraan. Kalau kita ingin melihat kesejahteraan ada 6 indikator, pertama indeks pembangunan manusia, kedua angka kemiskinan, ketiga angka pengangguran, keempat angka kematian ibu yang melahirkan, kelima angka kematian bayi dan yang terakhir angka gizi rasio,” papar Firli.

Tak hanya itu, Firli juga memiliki pesan khusus kepada Bupati Sampang. Firli ingin kepala daerah bisa menyisir kembali APBD dan berfokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sampang.

 

“Artinya Sampang itu bagus, tetapi kita ada masalah kenapa masih banyak yang kurang beruntung, tak lain ditunjukkan dari Angka kemiskinan? Tadi saya sudah bicara dengan pak bupati bagaimana membuat program kedepan nanti, agar di cek ulang APBDnya untuk lebih fokus pada upaya-upaya dalam penurunan angka kemiskinan,” lanjut Firli.

Sementara itu, tak berhenti di sini, Firli menyebut program ini akan terus berlanjut tentunya di beberapa daerah lain.

Dalam kesempatan yang sama Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Herry Wibowo menambahkan bahwa kegiatan baksos ini pasti akan berlanjut ke wilayah lain. ” Kami dari Korps Binmas Baharkam Polri setelah dari Sampang, Madura, ini kita akan langsung berangkat ke daerah perbatasan NTT, yaitu di wilayah Atambua, Ungkap Herry.

Herry menuturkan bahwa baksos nanti di NTT di Atambua. Sekaligus kami ingin menyapa warga yg diperbatasan disana.

Untuk diketahui bahwa baksos yang diadakan oleh Korps Binmas Baharkam Polri tersebut di pimpin langsung oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Firli Bahuri dan didampingi oleh Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol. Herry Wibowo beserta jajaranya serta dihadiri juga oleh Kakorpolairud, Irjen Pol.Lotharia Latif.

(Abdul farid)

You might also like