Posisi Beberapa Jaksa Agung Muda Kosong, ST Burhanuddin Tunggu Jokowi

Jakarta – Forumkeadilan.com: Saat ini ada 3 jabatan Jaksa Agung Muda (JAM) dari total 6 posisi yang kosong. Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin mengaku tengah menunggu keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kekosongan tersebut.

“Untuk Plt (pelaksana tugas), satu hari saya masuk kerja setelah dilantik sudah saya tandatangani Plt untuk diajukan tapi saya tidak akan menyebutkan siapanya,” kata Burhanuddin saat rapat dengan Komisi III DPR Ri di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Seperti diketahui ada 6 posisi JAM yaitu Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan (Jambin), Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen (Jamintel), Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Umum (Jampidum), Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun), dan Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan (Jamwas). Sedangkan 3 posisi yang kosong yaitu Jambin, Jamdatun, dan Jampidum.

“Sekarang (surat yang diajukan) sudah di Sekretariat Presiden,” imbuh Burhanuddin di hadapan para anggota dewan di Komisi III DPR tersebut.

Mantan Jamdatun itu pun berharap dalam beberapa hari ke depan sudah bisa dimulai rapat Tim Penilai Akhir (TPA). Dia ingin segera bekerja sesuai dengan instruksi dari Jokowi.

“Jujur saja, saya diminta bergerak cepat tapi kondisi saya pincang,” ucapnya.

Memang sebelumnya Burhanuddin dalam rapat dengan Komisi III DPR itu dicecar sejumlah anggota dewan soal posisi 3 Plt JAM tersebut. Termasuk Anggota Komisi III DPR Habib Aboe Bakar Alhabsyi dari Fraksi PKS mempertanyakan soal ini ke Burhanuddin.
“Saya yakin dalam waktu dekat tentang plt itu beres apalagi para plt Jakasa Agung Muda yang hadir ini saya lihat hebat hebat semua”, Ujarnya

Suksesi jabatan JAM di Kejaksaan Agung (Kejagung) memang melalui proses panjang. Awalnya nama-nama diajukan dan diseleksi melalui TPA seperti disebutkan Burhanuddin di atas. Baru kemudian hasil dari TPA disetor ke presiden. Para calon JAM itu nantinya akan ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres). Abdul Farid

You might also like