Pasangan Suami Istri Kompak Jadi Pencuri

Pasangan suami isteri (pasutri) Thoriq Rio Hermawan (41) dan Wiji Astuti (39), asal Desa Kedungrejo, Kecamatan Megaluh, Jombang, ditangkap petugas Polsek Gedangan, Sidoarjo. Keduanya kompak mencuri di minimarket.

Setelah disidik oleh petugas, aksi mereka bukan kali pertama, melainkan sudah dilakukan berulang-ulang. Mulai di minimarket Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Pasuruan, dan sejumlah wilayah lain. Hasilnya pun sudah cukup banyak. Mencapai puluhan juta. “Dulunya saya sopir taksi. Karena sepi, saya ajak isteri untuk mencuri bareng karena untuk memenuhi kebutuhan hidup,” jawab Thoriq di sela menjalani pemeriksaan di Polsek Gedangan, Selasa (5/11/2019).

Setiap kali beraksi, mereka selalu menyewa mobil. Kendaraan rental itu kemudian dipakai berkeliling ke berbagai wilayah, sambil mencari minimarket sasaran. Bersama sang istri, Thoriq berbagi tugas. Mereka bergantian menjadi eksekutor, dan satunya berusaha mengalihkan perhatian si penunggu minimarket.

Yang dicuri biasanya barang kecil tapi berharga. Seperti kosmetik, skincare, minuman energi serta barang elektronik. “Barang hasil curian tersebut kami jual ke kampung dengan harga murah. Kadang juga dijual ke teman dan ke pasar,” ungkap Kapolsek Gedangan Kompol Heri Siswoko.

Pasutri ini sempat tiga kali tertangkap di Sidoarjo. Yakni di Semampir, Tambaksumur, dan Tambakrejo. Namun berhasil bebas karena karyawan minimarket hanya menyuruhnya membayar barang yang dicuri. Kali terakhir, pasutri asal Jombang ini tertangkap di minimarket kawasan Desa Bangah, Kecamatan Gedangan.

Saat itu mereka mencuri beberapa barang yang nilainya sekitar Rp 1,3 juta. “Dia dilaporkan dan langsung ditangkap petugas,” ungkapnya.

Kini keduanya harus meringkuk di sel penjara polisi. Thoriq meringkuk di Polsek Gedangan, sedangkan istrinya dititipkan di sel khusus perempuan di Sukodono

You might also like