Tito Karnavian Diberhentikan Sebagai Kapolri, Ari Dono Jadi Plt Kapolri

Tito Karnavian diberitakan mengundurkan diri sebagai Kapolri sejak Senin (21/10/2019) kemarin. Hal itu disampaikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani setelah ia menerima surat pemberhentian Tito sebagai Kapolri dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat pemberhentian tersebut dibacakan Puan saat rapat paripurna bersama sejumlah anggota legislatif.

Puan mengatakan, Tito akan digantikan oleh Wakapolri Ari Dono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri. Puan mendapatkan informasi tersebut dari Jokowi. “Presiden sudah disampaikan, yang akan menjadi pelaksana tugas adalah Wakapolri Pak Ari Dono samapai ditentukan lagi siapa pengganti Kapolri,” kata Puan saat di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (22/10/2019).

Diketahui, beredar kabar Tito akan menjabat sebagai menteri atau kepala lembaga setingkat kementerian di masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Tito sendiri hadir ke Istana Negara pada Senin (21/10) kemarin. Ia hadir tatkala Jokowi sedang memanggil para kandidat menterinya ke Istana.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan bahwa Tito kemungkinan besar mendapat jabatan baru dari Presiden Jokowi.

“Kemungkinan ada semacam jabatan baru,” kata Iqbal di Kantornya, Jakarta, Senin (21/10) sore. Iqbal menjelaskan pertemuan Tito dengan Jokowi berlangsung selama satu jam. Kata dia, Tito telah meninggalkan Istana Negara sejak pukul 14.00 WIB.

Setelah pertemuan tersebut Tito lantas bertemu dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. “Habis itu ke posko ke Jakarta Barat ketemu Panglima TNI,” jelasnya

You might also like