Presiden Susun Posisi Wakil Menteri

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo tengah menyusun posisi wakil menteri di sejumlah lembaga negara. Partai berlogo banteng moncong putih itu mengatakan, partai tidak memiliki kewenangan untuk ikut serta menentukan sosok yang akan mengisi kursi tersebut.

“Iya, sedang digodok dan wakil menteri juga prerogatif dari presiden,” kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis (24/10).

Dia mengungkapkan bahwa desain posisi menteri serta wakil menteri disejumlah lembaga kementerian diadakan bukan untuk membagi-bagi kekuasaan. Dia mengatakan, kursi itu disiapkan untuk menjalankan seluruh amanat penderitaan rakyat.

Dia meminta semua pihak untuk memberikan kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo untuk menjalankan roda pemerintahan dengan baik dengan jajaran menteri yang mempunyai semangat baru. Dia mengatakan bahwa presiden tengah berusaha untuk membuat warisan bagi bangsa dan negara di periode kedua kepemimpinannya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sudah memastikan akan segera melantik wakil menteri dalam waktu dekat. Ia menyebut nama-nama wakil menteri yang ditunjuknya itu akan segera diselesaikan.

Meski demikian, ia mengaku belum menghitung total wakil menteri yang disiapkan. Jokowi juga enggan menyebut menteri mana saja yang akan didampingi oleh wakil menteri.

Yang paling penting, kata Presiden, wakil menteri harus memiliki kompetensi yang mendukung kerja para menteri. Lebih lanjut, Jokowi juga menyebut, posisi wakil menteri ini akan diisi baik dari tokoh profesional maupun dari partai politik.

Presiden Panggil 12 Calon Wakil Menteri

Tokoh pertama yang hadir yakni Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin, diikuti oleh mantan Bendahara Umum TKN Sakti Wahyu Trenggono, politikus PPP Zainut Tauhid, politisi Perindo Angela Tanoesoedibjo, politisi PSI Surya Chandra, dan mantan Bupati Jayawijaya Wempi Wetimpo.

Kemudian ada pula Dirut Mandiri Kartiko Wiryoatmojo, Dubes AS Mahendra Siregar, pejabat Badan Restorasi Gambut Alue Dohong, Ketua Umum Relawan Projo Budi Arie Setiadi, politikus Golkar Jerry Sambuaga, serta Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara.

Calon Wakil Menteri yang dipanggip ke Istana

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sendiri menyatakan akan melantik sejumlah wakil menteri. Nama-nama calon wamen pun telah difinalisasi pasa Kamis (24/10) malam. Jokowi menyebut sebagian wakil menteri berasal dari profesional di bidangnya, namun ada juga yang berasal dari partai politik.

“Mengenai Wamen jadi sebetulnya sudah selesai (disusun). Wamen itu sudah selesai. Ada dari partai ada juga dari profesional,” kata Jokowi

Jokowi belum mau mengungkap kementerian apa saja yang akan mendapat wamen dan berapa jumlahnya. Namun Jokowi menyebut bisa saja ada kementrian yang mendapat jatah lebih dari satu wamen. Jokowi berharap kehadiran wamen ini betul-betul membantu menterinya. Pelantikan wakil menteri diagendakan digelar pada Jumat siang nanti di Istana Negara.

You might also like