Penambang Liar Tak Juga Kapok Beroperasi Di Kawasan Konservasi Menumbing

Anggota Polres Bangka Barat kembali mengamankan sejumlah mesin tambang ilegal yang beroperasi di Kawasan Konservasi Kaki Bukit Menumbing. Petugas razia dinihari sekitar pukul 01.30 WIB, Minggu, (6/10/2019), kemarin, dengan kondisi medan yang berliku.

Sejumlah barang bukti berhasil diamankan petugas, sementara lokasi para penambang masuk wilayah Kampung Sinar Menumbing, Muntok.

Kawasan konservasi Menumbing

Barang bukti yang berhasil diamankan, 1 (satu) buah pipa yang di gunakan untuk menyedot tanah,1 (buah) selang spiral,1 (satu) buah jerigen yang di gunakan untuk menampung bensin,1 (satu) buah selang air
dan 1 (satu) buah sakan.

Polres Bangka Barat Gelar Konferensi Pers Hasil Ops Antik Menumbing 2018 http://bangkanews.id)

Kasat Reskrim AKP Rais Muin seizin Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan, membenarkan kejadian tersebut. Para penambang beroperasi berdasarkan hasil pengecekan di lokasi dikoordinat: -2.033683,105.187516 dan saat ini masih dilakukan penyelidikan atas kepemilikan barang bukti yang diamankan.

“Setelah dilakukan koordinasi dengan KPHP Rambat Menduyung Kabupaten Bangka Barat, kedua lokasi tersebut masuk ke dalam kawasan Hutan Konservasi,” ujar Kasat Reskrim dalam keterangannya kepada wartawan.

Sejauh ini kata kasat, pihaknya terus menyelidiki kepemilikan alat tambang berdasarkan barang bukti yang telah diamankan tersebut. (Rudy).

You might also like