Plt Sekwan Aceh Utara : Orientasi Kewajiban bagi setiap anggota DPRK Baru

Aceh Utara – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Utara Masa Jabatan 2019-2024 mengikut Kegiatan Orientasi. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh,di Banda Aceh Jumat (20/09/19)

Kegiatan orientasi ini dikuti sedikitnya 43 dari 45 anggota DPRK Aceh Utara yang telah dikukuhkan. selama 5 (lima) hari sejak tanggal 18-22 September 2019. Bertempat di Hermes Palase Hotel Banda Aceh. Sedangkan dua anggota DPRK lagi baru tiba dari tanah suci belum dilakukan sumpah/janji,sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut

Plt. Sekretaris DPRK Aceh Utara, Azhari Hasan, Menjelaskan Kegiatan Orientasi ini merupakan agenda wajib dilakukan anggota dewan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia
Nomor 57 Tahun 2011 tentang
Pedoman Orientasi dan Pendalaman tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,

Orientasi dan Pendalaman Tugas Seperti yang disebut dalam Bab 2 Bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah di dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Setelah itu, mereka akan menyusun Tata Tertib DPRK Aceh Utara. Setelah tatibnya tuntas, baru mereka membentuk AKD (alat kelengkapan dewan) sampai pelantikan pimpinan DPRK definitif,” kata Azhari Hasan, kepada wartawan Jumat, 20 September 2019 diruang kerjanya.

Begitu juga dengan pengambilan sumpah/janji dua anggota DPRK, Jirwani (Partai Aceh) dan Muhammad Wali (PKB), yang sebelumnya tidak sempat mengikuti pengukuhan pada 2 September lalu karena masih berada di Mekah, Arab Saudi melaksanakan ibadah haji. “Itu juga tergantung Tatib DPRK. Apabila tatib sudah selesai, baru menentukan pimpinan DPRK definitif dan lainnya,” ujarnya.

Azhari menambahkan, “Setelah ada tatib dan terbentuk AKD baik fraksi, badan musyawarah maupun komisi sehingga baru berjalan kegiatan dewan seperti biasanya.

Hari ini merupakan hari ke-3 bagi 43 legislator Aceh Utara mengikut orientasi yang telah dijadwalkan selama 5 hari oleh sekretariat DPRK Aceh Utara.

Sementara Kabag Umum DPRK Aceh Utara,Ardian,menyebutkan,anggota dewan yang ikut orientasi tersebut terdiri dari  16 orang anggota DPRK lama yang terpilih kembali,sementara 29 orang lainnya merupakan anggota baru , kata dia.

Dikatakan Ardian,acara yang berlangsung selama lima hari tersebut berlangsung dengan sukses ,ini berkat dukungan semua pihak,kata dia.

Sementara, anggota DPRK Aceh Utara dari Gerindra,Anwar Risyen kepada wartawan mengatakan, pihaknya wajib mengikuti kegiatan orientasi yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Aceh.

“Karena kegiatan orientasi ini wajib dikuti, berdasarkan peraturan menteri dalam negeri. dan juga adanya Surat edaran menteri.

Dirinnya berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan untuk bekal dirinya sebagai anggota DPRK Aceh Utara dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah…

“Mengikuti kegiatan orientasi ini dengan harapan pengetahuan dapat lebih meningkat, kemampuan keterampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRK dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI,” ucapnya.

“Dan juga saya sangat berterima kasih bagi para Narasumber baik dari kabupaten yang sudah mensuport orientasi ini dengan memberikan materi-materi kepada kami,” ujarnya.(54-YU)

You might also like