Demo Di Makassar Ricuh, Beredar Video Mahasiswa Ditabrak Mobil Polisi

Sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang tengah digodog telah menimbulkan gejolak. Demonstrasi pun terjadi di sejumlah kota seperti Jakarta,Yogyakarta dan Makassar.

Di Makassar, demo masih terjadi hingga Jumat (27/9) malam. Berdasar sebuah video yang diunggah pada akun twitter @fikrie milik Muammar Fikrie, aksi masa demonstran itu sempat mengalami tiindakan pengamanan dari pihak kepolisian. Bahkan, terdapat demonstran yang tertabrak dan terlindas oleh mobil polisi.

Dalam video yang direkam dari gedung bertingkat itu, terihat puluhan orang tengah berada di Jalan Raya Urip Sumoharjo Makassar atau lebih tepatnya di depan Universitas Muslim Indonesia (UMI). Demonstran terlihat berlarian ke arah Kantor Gubernur karena dipukul mundur oleh kepolisian dengan menggunakan gas air mata dan mobil taktis.

Mobil taktis itu terlihat melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi hingga kemudian terdapat seseorang yang terjatuh. Mobil itu kemudian melakukan pengereman mendadak, namun terlihat bahwa demonstran yang terjatuh itu sempat tertabrak dan terlindas oleh mobil tersebut.

Beberapa saat kemudian, sejumlah demonstran yang melihat kejadian itu pun langsung menghampiri mobil tersebut. Setelah itu, mobil polisi itu berjalan mundur. Karea video itu diambil dari jarak yang cukup jauh, tak terlihat secara pasti bagaimana kondisi demostran yang tertabrak tersebut.

Dalam video yang diunggah pada Sabtu (28/9) sekitar pukul 00.10 WIB itu, masa terlihat memenuhi jalan protokol empat lajur tersebut. Selain terdengar suara teriakan demonstran dan deru suara sirine, dalam video itu juga terdengar jelas suara decitan ban saat mobil polisi itu melakukan pengereman mendadak.

Terkait kejadian ini, Republika pun sempat langsung melakukan konfirmasi kepada Polri melalui Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal. Tetapi, saat mencoba menghubungi nomor telepon pribadi dari Irjen Mohammad Iqbal pada Sabtu dini hari, ternyata nomor telepon pribadi itu sedang dalam keadaan tidak aktif.

 

Demo Ricuh, Wartawan Juga Dipukuli Polisi

Wartawan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Muh Darwin Fatir menjadi salah seorang korban kekerasan dari aparat keamanan saat meliput demo mahasiswa di Makassar. Menurut salah seorang wartawan, Ishak dari Makassar Today yang turut meliput bersama Darwin di sekitar Kantor DPRD Sulsel, Selasa (24/9), aksi pemukulan terhadap Darwin tidak dilihatnya karena dia juga sempat kena pukul aparat yang memukul mundur mahasiswa dari depan Gedung DPRD Sulsel.

Kondisi kepala Darwain tampak berdarah dan di bagian perutnya terlihat bekas sepatu laras. Baju yang dikenakan berwarna putih motif juga terlihat jelas bekas tapak sepatu laras.

Selain Darwin yang mendapat perlakuan represif dari aparat kepolisian, wartawan Ini Kata, Ipul juga mendapat kekerasan. Sementara mahasiswa yang demo juga banyak yang luka-luka setelah bentrok dengan aparat keamanan.

Wartawan dan mahasiswa yang luka-luka dilarikan ke rumah sakit terdekat yakni RS Awal Bros. Lobi rumah sakit juga dimanfaatkan untuk menampung mahasiswa yang luka-luka dengan menggunakan tandu seadanya, karena ruangan UGD sudah penuh dengan pasien.

Kabid Humas Polda Sulsel Komisaris Besar Polisi Dicky Sondani saat dikonfirmasi mengenai kejadian tersebut melalui telepon seluler, enggan berkomentar dengan alasan sementara masih menangani aksi unjuk rasa di lapangan. Hingga berita ini terkirim, wartawan Antara, Darwin dan belasan mahasiswa yang terluka masih dalam kondisi penanganan petugas kesehatan di RS Awal Bros.

You might also like